Kunjungan Asing Ke Candi Singosari Naik

Rabu, 3 Agustus 2011 - 07:49 WIB • Dibaca 374 kali

Foto: malang post

SINGOSARI, MALANGRAYA.info – Kunjungan wisatawan lokal ke Candi Singosari di Desa Candirenggo Kecamatan Singosari menurun pada bulan Ramadan ini. Namun justru kunjungan wisatawan mancanegara yang mengalami kenaikan. Pada hari pertama Ramadan saja jumlahnya mencapai 50 orang.

Baca Juga

Hal itu dikatakan Damanhuri (60 tahun) penjaga Candi Singosari ketika didatangi Malang Post, kemarin. Menurut Damanhuri ada tren positif kunjungan wisatawan manca pada hari pertama Ramadan. Dia sendiri juga heran kenapa kunjungannya bisa mencapai 50 orang per hari.

“Kalau hari ini (kemarin) baru tercatat ada 18 wisatawan mancanegara, ya bule-bule mas," tegas Daman sapaan akrabnya.

Bulan Ramadan ini justru yang kosong adalah pengunjung lokal dari wilayah Malang. Padahal pada hari biasa, jumlahnya bisa mencapai 100 orang pada liburan. Justru saat ini candi dikuasai oleh orang Peranci, Belanda dan negara Eropa lainnya.

“Mereka datang berombongan bersama biro perjalanan, satu rombongan bisa mencapai 12 orang," imbuhnya.
Damanhuri menambahkan, bahwa kunjungan wisawatan asing biasanya selalu naik pada bulan Agustus.

Ternyata para turis asing ingin melihat ramainya perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2011 mendatang. Tren yang sama selalu terjadi setiap tahun, namun yang tak diduga bisa mencapai 50 orang pada hari pertama Ramadan.

“Para turis asing itu senang melihat karnaval di jalan-jalan, ya itu memang daya tarik yang ditawarkan biro perjalanan," jelasnya.

Daman sendiri berharap kunjungan ke candi itu semakin meningkat sepanjang tahun. Supaya para generasi penerus bisa mengetahui peninggalan sejarah pada zaman lampau. Acapkali Candi Singosari juga digunakan para mahasiswa studi bahasa asing untuk praktik speaking.

"Kita berharap kunjungan selalu meningkat," katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs