Kiriman Uang TKW Arab Saudi Menurun

Selasa, 2 Agustus 2011 - 17:23 WIB • Dibaca 142 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Penghentian sementara (moratorium) Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke Arab Saudi oleh pemerintah, berdampak serius terhadap remitance (jumlah uang yang dikirim TKW pada keluargannya).

Di Kabupaten Malang contohnya, TKW dengan tujuan Arab Saudi, sudah mengalami penurunan remitance sejak tiga tahun terakhir. Data yang di dapat beritajatim.com, Selasa (2/8/2011) siang ini, tertinggi remitance TKW asal Kabupaten Malang terjadi pada tahun 2008 lalu. Saat itu Remitance masih berkisar Rp 65,75 miliar lebih.

Baca Juga

Lanjut pada tahun 2009, remitance TKW asal Kabupaten Malang turun menjadi Rp 61,35 miliar. Sedang pada tahun lalu, remitance dari TKW dengan tujuan Arab Saudi, merosot cukup banyak dengan kisaran Rp 54,823 miliar. “Uang yang dikirim oleh TKW asal Kabupaten Malang pada keluargannya disini cenderung fluktuatif,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, Djaka Ritamtama, Selasa (2/8/2011) siang pada wartawan.

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Menurut Djaka, pertahunnya uang yang ditranfer TKW pada keluargannya di sejumlah bank swasta maupun negeri mencapai Rp 95 miliar. Jumlah itu, cenderung bisa lebih tinggi lagi. Namun begitu, adanya moratorium dari Pemerintah Pusat TKW tujuan Arab Saudi, membuat angka remintance turun.

Djaka menjelaskan, turunya remitance secara drastis hingga puluhan miliar tahun ini, karena selama negara Arab Saudi menjadi domain jumlah remintance paling besar dari TKW. Mesi cerita pilu juga kerap melanda TKW di negeri kaya minyak itu, Arab Saudi masih menjadi favorit para TKW ataupun TKI untuk memburu banyak uang di negara itu.

“Arab saudi tertinggi remitance TKW. Baru kemudian disusul negara Hongkong. Dengan adanya moratorium, otomatis nilai remitance kembali turun tahun ini,” terang Djaka.

Djaka menerangkan, jumlah TKW asal Kabupaten Malang yang diberangkatkan ke Arab Saudi per tahunnya lebih diatas 3.000 orang. Nilai remintance dari TKW secara keseluruhan per tahunnya untuk Kabupaten Malang tahun 2010 lalu berjumlah Rp.75,66 miliar. Tahun 2009 Rp.84, 14 miliar. Sedang remitance tertinggi dari TKW Kabupaten Malang terjadi pada tahun 2008 lalu yang berkisar Rp.95,08 miliar.

Remitance dari TKW secara keseluruhan dari Kabupaten Malang itu meliputi negara-negara seperti Hongkong, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan, Kuwait, dan Korea. Tertinggi remitance selama ini berasal dari Arab Saudi. Hanya saja, adanya moratorium dan jumlah pengiriman TKW ke Arab pertahunnya, membuat remitance pada tahun ini turun sampai puluhan miliar rupiah.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs