Volume Tukar Uang Diprediksi Naik 10 Persen

Selasa, 2 Agustus 2011 - 15:01 WIB • Dibaca 120 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Transaksi penukaran uang di Bank Indonesia (BI) Malang saat mendekati Lebaran tahun 2011, diperkirakan meningkat 10 persen dibanding dengan tahun 2010.

Deputi Pemimpin BI Malang Bidang Sistem Pembayaran Manajemen Intern (SPMI), Dite Mahargono, Selasa mengatakan, pada Ramadhan tahun lalu, transaksi penukaran uang mencapai Rp885.976 juta atau meningkat 9,44 persen dibanding tahun 2009.

Baca Juga

Sedangkan untuk Ramadhan tahun 2011, diprediksi akan meningkat menjadi 10 persen atau mencapai Rp974.574 juta.

Prediksi peningkatan itu dilihat setelah bank-bank di wilayah kerja BI Malang mengirimkan prediksi kebutuhan uang berserta rincian pecahan uang pada saat menjelang Lebaran.

“Sebelumnya, kami telah melakukan pertemuan dengan ‘Head Teller’ bank-bank di wilayah kerja BI Malang pada tanggal 9 Juli 2011 kemarin, dan kami juga menugaskan bank-bank itu untuk mengirimkan prediksi kebutuhan uang beserta rincian pecahannya pada saat menjelang lebaran,” paparnya.

Dite menjelaskan, untuk memperlancar transaksi penukaran uang pecahan jelang Lebaran, BI Malang sudah melakukan MoU dengan 19 Bank Umum dan 11 BPR di wilayah Malang, Batu, Lumajang, Pasuruan serta Probolinggo.

“Dengan adanya kerja sama tersebut maka penukaran uang pecahan bisa dilakukan di 19 bank umum lainnya serta 11 BPR yang ada di kawasan Malang dan sekitarnya,” ucapnya, menjelaskan.

Selain itu, BI Malang juga akan mengoptimalkan Kas Keliling dengan frekuensi melakukan perputaran enam kali selama sebulan, dari sebelumnya empat kali dalam satu bulan.

“Sasaran Kas Keliling ini adalah dengan mendatangi sejumlah pasar dan instansi pemerintah, seperti markas Angakatan Laut ataupun Angkatan Udara,” tuturnya.

Sementara itu, tahun ini BI Malang telah menyiapkan dana sebesar Rp1 triliun 296 miliar untuk penukaran uang baru.

Rinciannya, Rp221 miliar untuk penukaran di Bank Indonesia Malang, dan sisanya sebesar Rp975 miliar untuk bank pembantu dan BPR yang telah melakukan MoU dengan BI.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs