PMI Intensifkan Donor Darah Malam Hari

Selasa, 2 Agustus 2011 - 14:51 WIB • Dibaca 127 kali

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengintensifkan baktoi donor darah pada malam hari untuk mencukupi kebutuhan darah selama bulan Ramadhan.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto, Selasa, mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya PMI setempat juga mengandalkan bakti donor darah pada malam hari atau usai Sholat Tarawih di masjid-masjid.

Baca Juga

“Memang hasilnya tidak banyak, tapi cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat yang rata-rata mencapai 30 kantong setiap hari,” ujarnya menambahkan.

Selain mengandalkan bakti donor darah di masjid-masjid pada malam hari, katanya, pihaknya juga membidik pendonor dari kalangan non-Muslim, bahkan saat ini telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan komunitas gereja.

Ia mengemukakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada komunitas gereja tersebut, bahkan sudah menjadwal kegiatan donor darah di beberapa gereja yang ada di Kabupaten Malang.

Untuk menambah stok darah selama Bulan Ramadhan hingga Lebaran mendatang, lanjut Aprilianto, pihaknya juga mewajibkan setiap warga yang membutuhkan darah di PMI juga harus membawa satu orang sebagai donor pengganti.

Hanya saja, tegasnya, jika kondisi stok darah di PMI memang sudah benar-benar kritis.”Tapi kalau masih ada langkah lain yang bisa ditempuh, kami akan mengambil langkah tersebut tanpa menyertakan satu orang donor pengganti,” tegasnya.

Menyinggung ketersediaan (stok) darah pada awal Ramadhan ini, Aprilianto mengatakan, tidak banyak, hanya sekitar 450 kantong. Stok tersebut hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 15 hari.

“Oleh karena itu kami terus mengintensifkan bakti donor darah di masjid-masjid setelah Sholat Tarawih dan di gereja-gereja agar jangan sampai stok darah PMI tidak ada sama sekali,” tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs