Jelang Pilkada Kota Batu 2012

Panitia Seleksi Temukan Anggota Parpol

Selasa, 2 Agustus 2011 - 08:42 WIB • Dibaca 265 kali

Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – Panitia seleksi Panwaslu Pemilukada Kota Batu 2012, meloloskan sembilan nama untuk mengikuti tes tahap kedua dari 11 orang pendaftar. Tes tahap kedua digelar selama dua hari, yakni Senin dan Selasa (1-2/8) ini.

Baca Juga

Sembilan nama yang lolos tahap wawancara, Adi Wiyono, Abdul Rokhim, Abdur Rochman, Atiek Rustianingrum. Catur Herry Wibowo, Harto, Panca Rahmad Pamungkas, Saihul Anam dan Sujud Winardi. Mereka mulai mengikuti tes wawancara yang digelar di Hotel Batu Permai, kemarin.

Menurut Anggota Tim Seleksi Panwaslu Pemilukada Kota Batu, Jojo Rohi, mereka akan dipilih menjadi enam nama. Enam nama yang terpilih itu kemudian dilakukan fit and proper tes yang diselenggarakan oleh Bawaslu.

"Kami akan mencocokkan dokumen, yang digunakan pendaftar dalam wawancara ini. Selain itu kami juga mengorek pengetahuannya dengan wawancara," ungkap Jojo.

Dia menjelaskan, ada calon yang terindikasi masih aktif dalam parpol. Ketika melakukan tes wawancara, mereka akan konfirmasi dengan calon yang diindikasikan masih aktif di parpol itu.

"Kalau memang benar ada calon masih menjadi anggota parpol kurang dari lima tahun, maka dengan sendirinya akan kami coret," tegas aktifis Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) ini.

Sesuai ketentuan UU 22/2007 tentang penyelenggara Pemilu, syarat menjadi anggota Panwaslu adalah tidak terikat sebagai anggota Parpol minimal lima tahun terakhir. Dari sembilan nama tersebut ada nama yang masuk caleg Pemilu 2009, dan ada juga yang pernah menjadi anggota DPRD Kota Batu.

"Tunggu ya, kami pasti akan cross chek semuanya. Apakah benar calon belum bebas dari parpol dalam jangka waktu lima tahun terakhir ini. Kami juga belum tahu data-datanya," pungkasnya.

Sementara itu Adi Wiyono, salah satu calon menjelaskan dia mendapatkan sekitar 18 pertanyaan dari tim seleksi. Dasar-dasar penyelenggaraan, pelanggaran, hingga penanganan oleh Panwaslu menjadi bagian terpenting dalam wawancara.

"Saya bisa jawab semua pertanyaan itu termasuk dasar hukumnya," katanya optimis bisa lolos seleksi sebagai Panwaslu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
pilkada batu berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs