Terminal Baru Belum Siap untuk Lebaran

Selasa, 2 Agustus 2011 - 07:23 WIB • Dibaca 626 kali

PAKIS, MALANGRAYA.info – Memasuki Ramadan, belum ada tanda-tanda terminal baru Bandara Abd. Saleh siap digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Pasalnya, sesuai pantauan Malang Post di lapangan, belum satupun perlengkapan dan perabot disiapkan di terminal baru. Yang tampak malah kesibukan proyek perpanjangan runaway di Bandara Abd. Saleh.

Sekdakab Malang Abdul Malik yang baru mengikuti pertemuan bersama Dirjen Perhubungan Udara di Jakarta memberi sinyal tersebut.

Baca Juga

Saat bertemu Dirjen, dirinya mendapat pemaparan bahwa runaway masih dibangun. Saat ini proses penggarapan baru mencapai 100 meter. "Dari data dan fakta itu bisa disimpulkan sendiri mengenai operasional," kata Malik di kantornya, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemkab Malang Nazarudin Selian HT mengaku juga belum dihubungi Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pemkab Malang sendiri siap mengalirkan listrik lantaran jaringan sudah terpasang. Namun tentu saja butuh komitmen dari pemerintah Malang Raya lainnya terkait operasional bandara.

"Saya belum mendapat informasi dari Provinsi soal pengeoperasian terminal baru bandara sebelum lebaran ini," jelasnya.

Menurut Nazar, sapaan akrabnya, saat ini tengah dilakukan perpanjangan runway dari 1.980 meter menjadi 2.180 meter. Pembangunan itu diharapkan supaya bisa menampung pesawat berbadan besar di bandara. Proses pembangunan terus berjalan di kawasan utara terminal baru bandara.

"Perpanjangan landasan dengan tujuan agar pesawat berbadan besar bisa landing di bandara ini, selama ini masih belum pernah dipakai untuk pesawat besar karena khawatir tidak mencukupi," tegas Nazar.

Kendati demikian, beberapa waktu lalu sudah diwacanakan adanya kenaikan airport tax Bandar Udara (Bandara) Abd Saleh, bila terminal baru dioperasikan sebelum lebaran mendatang.

Saat ini, airport tax Bandara Abd Saleh masih dipatok Rp 6.000 sehingga bagi hasil untuk Pemda Malang Raya dan Provinsi Jawa Timur masih terlalu kecil.

Diproyeksikan nominal airport tax bisa mencapai Rp 25 ribu atau selisih lima ribu rupiah dengan Bandara Juanda Surabaya. Pemkab Malang melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset tahun ini menerima bagi hasil airport tax sejak bandara beroperasi bulan Mei 2005 lalu hingga Desember 2010 sebesar Rp 761 juta.

"Sudah ada ancang-ancang menaikkan tarif airport tax," tegasnya.

Sementara itu, terkait operasional bandara, Didik Sudiwinarto Plt. Kepala UPT Abd. Saleh belum bisa dihubungi Malang Post. Namun informasi terkahir yang didapat dari Didik, rencananya memang ada penambahanan panjang runaway sekitar 500 meter. Proses memperpanjang runaway itu sendiri akan dilakukan secara bertahap.

"Perpanjangan runway dilakukan oleh Pemerintah Pusat, adapun Pemerintah Propinsi dan Pemda Malang Raya hanya memenuhi kelengkapan lainnya. Perpanjangan runaway menjadi tanggung jawab pusat dan menggunakan dana APBN, sedangkan Pemprov hanya melakukan pengawasan saja," terangnya.

Bila terminal baru itu tidak dioperasikan maka target untuk mengoperasikan terminal sebelum lebaran tahun ini bisa gagal total. Pemkab Malang sendiri sudah mengerjakan item kewajibannya. Juga sudah disiapkan sembilan item jasa reklame meliputi pemasangan reklame tiang pancang, penyewaan ruang tempat usaha, reklame CCTV, sewa ruang display produk, pemakaian ruang tunggu khusus, penggunaan conveyer, sewa ruangan, pemasang reklame dalam ruangan serta tanda masuk kawasan terbatas bandara.

"Bagi hasil untuk tambahan item itu persentasenya 23 persen, adapun investasi kita selama ini Rp 11 miliar itu dari APBD Kabupaten Malang," beber Nazar.

Kabid Teknis Keselamatan Transportasi Dishub Kabupaten Malang, Bambang Kartika N menambahkan bahwa airport tax atau tarif PJP2U bandara Abd Saleh merupakan yang termurah di dunia. Airport terbilang murah karena bandara ini masih berstatus perintis. Namun seiring dengan pembangunan areal baru di zona enclave sipil diharapkan ada peningkatan tarif airport tax supaya bagi hasil juga makin besar sebanding dengan besarnya investasi.

"Soal operasional terminal kita belum dikabari lagi, coba tanya saja ke Pak Didik," tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
airport tax malang 2012 bandara abdul rahman saleh malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs