Bursa Calon Wali Kota Batu 2012

Aliansi LSM Akan Survey Balon Wali Kota

Senin, 1 Agustus 2011 - 11:13 WIB • Dibaca 345 kali

BATU, MALANGRAYA.info – 34 figur yang terjaring sebagai bakal calon wali kota Batu yang sesuai keinginan warga segera disosialisasikan dan disurvei lagi ke seluruh RT oleh delapan aliansi LSM. Program ini merupakan salah satu bentuk pendidikan politik bagi warga Kota Apel itu.

Kayat Haryanto, salah satu penggagas kegiatan ini mengatakan, survei dan sosialisasi itu dilakukan selama tiga bulan ke depan. Yakni dimulai Agustus dan dan berakhir pada Oktober mendatang.

Baca Juga

“Jumlah RT yang ada di Kota Batu sebanyak 721 RT. Kami sudah melakukan pendataan dan memiliki kontak di seluruh RT. Masing-masing RT akan diambil 10 sample untuk survei. Tapi sosialisasi tentu secara menyeluruh," jelas Kayat.

Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, delapan LSM di Kota Batu meluncurkan 34 figur bakal calon wali kota sesuai hasil survei. Delapan elemen masyarakat itu di antaranya, Aliansi Wong Batu Peduli Pemberantasan Korupsi, Pemuda Pancasila, Kosgoro, Paguyuban Wong Batu Bersatu, Presidium Rakyat Batu, Jaringan Aspirasi Rakyat Batu dan Aliansi Brantas.

Lebih lanjut Kayat menjelaskan, pihaknya akan menjelaskan ke publik tentang profil hingga track record bakal calon. Untuk itu kini delapan elemen warga itu sedang intens mengumpulkan data tentang profil masing-masing bakal calon.

“Tujuan kami ingin mengenalkan kepada publik Kota Batu tentang figur yang diinginkan warga. Kegiatan ini sekaligus bentuk pendidikan politik dan pendidikan pemilih," jelasnya. Menurutnya, pendidikan politik dan pemilih sangat mendesak dilakukan di Kota Batu. Pasalnya tinggal setahun menggelar Pemilukada, tapi atmosfir Pemilukada belum terasa.

“Kami serius melakukan pendidikan politik dan penyadaran agar partisipasi publik dalam semua tahapan pemilukada tinggi. Karena partisipasi publik Kota Batu sangat dibutuhkan dalam menentukan nasib Kota Batu ke depan," jelasnya.

Khusus penyadaran publik, Kayat mengatakan, saatnya warga Kota Batu diajak memilih figur berdasarkan visi, misi dan program yang jelas serta konkret. Dengan menentukan pilihan sesuai visi, misi dan program yang jelas dan realistis, bisa mencegah terjadinya politik uang saat pemilukada digelar.

“Kami juga berharap yang dipilih warga adalah orang-orang Batu sendiri dengan memiliki kapasitas dan kapabilitas," pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs