Tarawih Pertama Membeludak

Senin, 1 Agustus 2011 - 07:37 WIB • Dibaca 137 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Seperti diprediksi sebelumnya, penentuan awal Ramadan 1432 H bakal serentak dimulai hari ini. Baik yang menggunakan metode hisab dan rukyatul hilal (melihat bulan baru).

Setelah Menteri Agama, Suryadharma Ali menetapkan awal Ramadan jatuh pada 1 Agustus, umat Islam di Kota Malang langsung menggelar salat Isya dan tarawih secara berjamaah di masjid-masjid, musala yang tersebar di Kota Malang.

Baca Juga

Pelaksanaan salat tarawih malam pertama berlangsung semarak di masjid-masjid dan musala yang ada di Kota Malang, seperti di Masjid Agung Jami Malang, Masjid A.Yani, Masjid Panglima Besar Jenderal Sudirman dan lainnya.

Semangat umat Islam menyambut datangnya bulan suci Ramadan sangat tinggi. Memburu keberkahan yang ada hanya di bulan seribu bulan.

Sebagian besar masjid dan musala harus menunggu terlebih dahulu hasil sidang isbat yang dilakukan Kementrian Agama di Jakarta, yang melaporkan hasil rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan masjid dan musala yang berada di bawah binaan Majelis Tabligh PD Muhammadiyah Malang, mereka tidak harus menunggu hasil sidang isbat Kemenag. Pasalnya, PP Muhammadiyah sudah menetapkan jauh-jauh hari 1 Ramadan jatuh pada Senin (1/8) hari ini. Setelah salat Isya, mereka dapat langsung melaksanakan salawat tarawih.

"Sebagai formalitas sebelum melaksanakan salat tarawih, kami harus menunggu hasil sidang isbat terlebih dahulu. Meski demikian, kami sudah siap untuk melaksanakan salat tarawih," kata Ketua Takmir Masjid Agung Jami Malang, H. Kamilun Muhtadin kepada Malang Post, kemarin.

Meski harus menunggu sidang isbat, dijelaskannya, dari hasil perhitungan para ahli hisab dan falak yang diterimanya, semuanya sepakat 1 Ramadan jatuh pada 1 Agustus. Dari hasil perhitungan, posisi hilal sudah cukup tinggi untuk dilihat sekitar 7 derajat. Karena itu, penentuan awal Ramadan semuanya sudah sepakat pada hari ini.

Hanya saja, Hari raya Idul Fitri nantinya berpotensi berbeda. Dari sekitar 70 ahli falak yang sangat alim, separuh ahli menyatakan bulan 30 Agustus tidak tampak karena masih di bawah dua derajat. Sementara, sebagian lainnya menghitung ketinggian hilal sudah berada di atas dua derajat.

"Tapi itu hasil perhitungan melalui falakiah. Pastinya nanti bergantung pada hasil rukyat nantinya dan penentuan yang disampaikan dari hasil sidang isbat yang dilakukan Kemenag," ujarnya.

Seperti biasanya, kedatangan Ramadan sudah dinanti-nanti kaum Muslim di seluruh Indonesia termasuk di Malang raya. Hari pertama pelaksanaan tarawih semua masjid dan musala dipadati umat Islam yang ingin mencari keberkahan di bulan yang penuh berkah.

Tidak sedikit masjid dan musala yang tidak dapat menampung jamaah salat tarawih, saking banyaknya umat Islam yang berbondong-bondong melaksanakan salat tarawaih bersama keluarganya.

"Masjid dan musala menggema ke seluruh mayapada nanti malam, esok, lusa dan seterusnya. Masjid dan musala penuh dengan jamaah, selamat datang Ramadan penuh berkah, alhamdulillah tsuma alhamdulillah," ungkap mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Malang itu.

Malam pertama Ramadan, Masjid Jami dipadati umat Islam yang ingin memburu keberkahan disetiap malam bulan Ramadan. Salat tarawih pertama langsung di imami Ust. H. Mukson.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs