Dibangun Sumur Resapan di Alun-alun Tugu

Minggu, 31 Juli 2011 - 14:21 WIB • Dibaca 260 kali

Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Taman terbaik tingkat nasional yang dimiliki Kota Malang terus dipoles keberadaanya. Untuk mengantisipasi genangan air yang sering terjadi di Taman Alun-alun Tugu Kota Malang, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang membangun sumur resapan di taman terbaik tingkat nasional itu.

Baca Juga

Ada sekitar lima sumur resapan yang dibangun di pinggir taman Tugu itu. Menurut Kepala DKP Kota Malang, H. Wasto, MH, setiap kali hujan deras mengguyur Kota Malang, di tengah taman selalu digenangi air yang cukup tinggi. Meski sudah ada saluran air yang cukup memadai ditengah taman, tapi belum mampu untuk mempercepat pengurangan genangan air yang ada.

“Kalau genangan airnya cukup tinggi, tanaman-tanaman tertentu yang posisinya rendah seringkali mati karena terendam air," kata Wasto kepada Malang Post, kemarin.

Selain untuk mengurangi genangan air yang selalu terjadi di tengah taman, sumur resapan juga dapat membantu penyerapan air ke dalam tanah sebagai bahan utama air bersih dalam tanah. Sehingga kualitas air dapat terus terjaga dengan baik karena air yang terserap ke dalam air cukup banyak.

Di tengah kota, daerah resapan air sudah sangat jarang. Sebagian besar jalan tertutup dengan aspal yang tidak dapat menyerap air. Karena itu, keberadaan sumur resapan sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas air bersih dalam tanah.

“Sumur resapan juga memanfaatkan air hujan agar tidak terbuang percuma. Air itu dikembalikan lagi ke dalam tanah untuk sumber air dalam tanah," ungkapnya.

Sumur resapan yang bangun pun cukup besar dengan kedalaman sekitar lima meter. Agar tidak membahayakan bagi pengunjung taman, dibuat pengaman di atasnya yang tidak membahayakan pengunjung taman.
Rencananya, sumur resapan juga akan dibangun di beberapa taman kota lainnya. Sehingga nantinya, semua taman kota yang ada di Kota Malang memiliki sumur resapan yang mampu menyerap air hujan ke dalam tanah.

“Taman alun-alun Kota Malang juga kami bangun sumur resapan. Semakin banyak air yang dapat terserap ke dalam tanah akan semakin baik untuk menjaga kualitas air bawah tanah," tandas mantan Kabag Hukum Kota Malang itu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
sumur resapan berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs