Usia Angkot Tak Jadi Dibatasi

Minggu, 31 Juli 2011 - 09:12 WIB • Dibaca 311 kali

ILUSTRASI. Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Para pemilik angkutan kota (angkot) boleh tersenyum lebar. Ini karena perda penyelenggaraan angkutan kendaraan bermotor umum dalam trayek yang baru disahkan, Jumat malam (29/7) tidak membatasi usia angkot.

Baca Juga

Perda yang mengatur tentang angkot itu disahkan dalam sidang paripurna dan ditandatangani Wali Kota Malang Peni Suparto dan pimpinan DPRD. Setelah disahkan, naskah perda langsung dikirim ke Gubernur Jatim untuk dievaluasi.

Kendati tinggal menunggu waktu untuk diberlakukan, panitia khusus (pansus) yang sebelumnya menggodok perda itu mewanti-wanti pemkot untuk memperhatikan sejumlah hal. Tujuannya agar kendaraan tetap memberi kenyamanan bagi para penumpang.

"Dalam perda ini tidak lagi mengatur tentang batas usia. Tetapi mengacu pada kelayakan kendaraan sesuai pasal 60 UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas. Karena itu, soal kelayakan ini harus diperhatikan serius saat perda mulai diterapkan," kata Ketua Pansus Penyelenggaraan Angkutan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek, Sutrisno usai paripurna.

Sutrisno mengingatkan agar petugas yang melakukan uji kir atau penentu kelayakan angkot harus objektif. Kalau memang tidak layak harus berani menyatakan angkot tak layak. Begitu pula sebaliknya.

Sutrisno mengingatkan hal ini karena setelah perda disahkan, belum ditunjuk bengkel yang menjadi rujukan untuk penentuan kendaraan layak atau tidak. Karena itu dia berharap adanya bengkel yang ditunjuk dan memiliki sertifikai tentang penentuan kendaraan layak atau tidak layak selain mengandalkan petugas uji kir.

“Selama ini kewenangan menentukan kendaraan layak atau tidak ada di petugas yang berwenang. Karena itu, kami berharap petugas betul-betul objektif dan professional dalam bekerja," tandasnya.

Politisi Partai Demokrat ini juga meminta pemkot segera sosialisasi kepada publik setelah mendapat evaluasi dari gubernur. Sosialisasi juga perlu difokuskan pada para pemilik angkot.

“Sosialisasi harus dilakukan secara utuh dan menyeluruh sehingga semua komponen memahami tentang perda yang baru ini. Setelah disosialisasi, diberlakukan secara konsisten," pungkas Sutrisno.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
angkot malang bengkel karoseri angkutan umum angkutan umum berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs