Warga Mangliawan Segel BTS

Sabtu, 30 Juli 2011 - 13:28 WIB • Dibaca 215 kali

PAKIS, MALANGRAYA.info – Sekitar 40 warga RT 4 RW 6 Desa Mangliawan Kecamatan Pakis menyegel Tower Base Transceiver Station (BTS) milik salah satu provider selular. Penyegelan itu secara langsung dipimpin oleh Sy. Subakir Kades Mangliawan. Tower itu disegel warga lantaran tidak memiliki ijin HO.

Kendati memiliki izin, menurut Subakir, izin HO sudah mati sejak tahun 2008 lalu. Terkait hal ini pihak desa sudah melakukan peringatan melalui surat sebanyak tiga kali. Dan suratnya sudah ditembuskan kepada Satpol PP dan Linmas serta Bupati Malang.

Baca Juga

“Memang tower itu memiliki ijin HO tetapi sudah mati sejak tahun 2008 lalu," ungkap Subakir.

Disisi lain karena dianggap membahayakan warga, serta banyak menimbulkan keresahan terkait tidak ada izin maka warga berinisiatif untuk melakukan penutupan sendiri. Disamping itu ternyata desa juga belum melihat tindakan dari aparatur pemerintah.

“Pernah meminta rekomendasi kedesa untuk melakukan perpanjangan, tetapi pihak desa sampai saat ini belum mengeluarkan rekomendasi tersebut," imbuhnya.

Sementara itu, pihak Satpol PP melalui R. Ichwanul Muslimin, Kabid. Wasdal Trantibum Satpol PP dan Linmas membenarkan hal itu. Pihak Satpol PP sendiri sudah menindaklanjuti peringatan dari desa. Yakni dengan memanggil pengelola yang datang dengan membawa izin perpanjangan HO tahun 2009.

“Namun setelah dicek HO itu ternyata diduga aspal, ada tanda tangan Bu Mala (Kepala UPTP saat itu)," katanya.

Kenapa bisa diduga palsu, sebab tower itu tidak ada dalam register pada perizinan di UPTP Pemkab Malang.
"Satpol PP sudah meminta provider untuk melakukan kepengurusan lagi terkait izin HO perpanjangan tersebut," imbuhnya.

Tower tersebut berdiri sejak tahun 2003 namun ijin HO itu berlaku lima tahunan, sehingga wajib ada perpanjangan. Selain tower di Mangliawan, Satpol PP juga menemukan lagi dua tower yang terindikasi tidak memiliki izin. Namun saat ini pihaknya belum melakukan klarifikasi ke UPTP. Yakni dua tower di Dukuh Barisan Desa Arjowilangun Kecamatan kalipare dan di Jl. Wahid Hasyim RT 02 RW 01 Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran.

“Dua tower ini merupakan temuan baru diluar enam temuan yang sebelumnya," tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs