Pertambang Liar Akan Segera Ditertibkan

Sabtu, 30 Juli 2011 - 11:03 WIB • Dibaca 132 kali

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Sedikitnya 88 titik lokasi pertambangan yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak memiliki izin operasional alias “liar”.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Malang Budi Iswoyo, Sabtu, mengatakan, secara bertahap pihaknya berupaya melakukan penertiban terhadap usaha pertambangan tidak berizin tersebut.

Baca Juga

“Jumlah tambang liar tersebut masih bisa bertambah, namun kami upayakan paling tidak setiap hari 10 lokasi yang bisa kami tertibkan,” tegasnya menambahkan.

Menurut dia, pertambangan di Kabupaten Malang ada tiga kategori, yakni yang memiliki izin sebanyak 5 lokasi yang tersebar di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (3 lokasi) dan dua lainnya di Kecamatan Wajak.

Selain itu, katanya, juga ada kategori usaha tambang yang izinnya sudah habis yang jumlahnya mencapai 85 lokasi dan tambang tak berizin alias liar sebanyak 88 titik lokasi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, titik-titik lokasi pertambangan, baik yang izinnya sudah mati maupun yang masuk kategori liar, saat ini dalam proses penutupan.

Jika usaha pertambangan yang izinnya sudah habis dan diminta untuk menghentikan aktivitasnya oleh dinas ini “mokong”, tegasnya, maka dinas minta bantuan Satpol PP untuk menertibkannya secara paksa.

Dari puluhan titik lokasi tambang tak berizin tersebut, baru tiga titik yang sudah resmi ditutup, yakni di Kecamatan Kalipare, Tumpang dan Dampit. Tambang yang ditutup itu adalah tambang pasir dan batu (sirtu) serta tambang marmer.

Disamping menertibkan lokasi tambang tak berizin (liar) maupun yang izinnya sudah habis, Dinas ESDM juga tidak mengeluarkan izin tambang baru.

Sesuai UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, pertambangan boleh dilakukan dengan mengacu pada peta wilayah pertambangan (WP).

“Karena Pemkab Malang belum memiliki peta WP, maka kami tidak bisa mengeluarkan izin pertambangan baru. Bahkan, kami secara bertahap justru menertibkan lokasi tambang yang izinnya sudah mati maupun yang sama sekali tidak berizin (liar),” tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Joni Wijaya
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs