Jumlah Sekolah Khusus ABK di Malang Terus Bertambah

Sabtu, 30 Juli 2011 - 08:32 WIB • Dibaca 2,969 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Jumlah sekolah umum yang melayani anak berkebutuhan khusus (ABK) atau sekolah inklusi terus bertambah. Hingga saat ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang mencatat jumlah sekolah yang melayani ABK mencapai 60 sekolah. Namun yang resmi ber SK baru sekitar 40 sekolah.

“Tahun ini banyak bermunculan sekolah baru yang melayani ABK, karena itu akan terus kami data," ungkap pengawas pendidikan luar biasa (PLB) Disdik Kota Malang, Idayu Astuti kepada Malang Post.

Baca Juga

Paling lama dalam dua bulan ke depan Disdik akan memberikan SK kepada sekolah yang sudah melayani ABK. Sehingga saat ini pendataan terus dikebut. Dengan pemberian SK ini maka diharapkan pelayanan kepada anak-anak bisa lebih maksimal. Salah satu unsur penting yang harus dipenuhi oleh sekolah inklusi adalah memiliki guru pendamping khusus (GPK). Keberadaan GPK ini mutlak harus dipenuhi sebab hanya GPK yang tahu bagaimana bisa menangani ABK.

"Tak sedikit siswa yang awalnya tidak bisa apa-apa menjadi anak yang mandiri karena sentuhan GPK," kata Ida.

Alumnus program Magister di Universitas Negeri Malang (UM) ini mengakui fakta di lapangan menunjukkan jumlah ABK terus meningkat. Disetiap sekolah selalu saja ditemukan siswa dengan kebutuhan khusus ini. Biasanya ciri yang bisa dilihat adalah anak berkali-kali tidak naik kelas atau sulit diajak belajar. Tapi wanita ramah ini mengingatkan bagi anak yang hiperaktif lebih baik dikirimkan ke sekolah luar biasa (SLB).

"Daripada mengganggu temannya lebih baik yang masih hiperaktif didaftarkan ke SLB," kata dia.

Ida menegaskan saat ini pihaknya juga sedang mendata jumlah ABK yang bersekolah di sekolah umum.
Sementara itu Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Malang, Suwarjana SE MM menjelaskan tahun ini Kota Malang ditunjuk oleh pemerintah untuk mendirikan klinik autis.

"Dananya dari APBN untuk mendirikan klinik, sehingga sekolah yang memberi layanan ABK bisa memanfaatkannya," pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
sekolah anak berkebutuhan khusus di malang sekolah abk di malang sekolah luar biasa di malang sekolah abk dimalang jumlah sekolah abk di kota malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs