Kemenag Batu Gelar Rukyah Di Ngliyep

Sabtu, 30 Juli 2011 - 08:14 WIB • Dibaca 128 kali

BATU, MALANGRAYA.info – Kementerian Agama Kota Batu akan menggelar rukyah untuk penentuan bulan Ramadan, di Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Minggu (31/7) besok. Tim rukyah terdiri dari 30 orang dari berbagai unsur. Yakni, dari perwakilan NU, Muhammadiyah, LDII, Al Irsyad, dan MUI.

“Kami akan berangkat dari Kantor Kemenag Kota Batu, sekitar pukul 13.00 menuju Pantai Ngliyep. Kami akan melakukan rukyah, apakah hari itu bisa melihat bulan atau tidak,” ungkap M Satari, Ketua Badan Hisap Rukyah (BHR) Kota Batu, kemarin.

Baca Juga

Pihaknya berharap, timnya bisa melihat bulan dalam rukyah kali ini. Masalahnya, beberapa hari terakhir cuaca di Malang Raya sangat cerah sehingga kemungkinan tim rukyah bisa melihat bulan sangat besar. Jika tahun-tahun sebelumnya, tim tidak bisa melihat rukyah karena suasana tertutup mendung.

Tim sendiri sebenarnya sudah memiliki alat canggih dengan harga Rp 100 juta. Namun karena tebalnya mendung, mereka tetap tidak bisa melihat bulan.

“Ya itulah kekuasaan Allah, secanggih apapun kalau mendung tebal bulan masih belum bisa terlihat,” tegas Kasi Urusan Haji Kemenag Kota Batu ini.

Jika tim ternyata tidak bisa melihat bulan dalam rukyah itu, dia kembali pada aturan yang sudah diberikan Kemenag Pusat untuk penentuan 1 Ramadan. Sesuai edaran itu, 1 Ramadan akan jatuh Senin, 1 Agustus sehingga umat Islam sudah harus berpuasa pada hari itu.

“Berdasarkan hisap (hitungan), 1 Ramadan memang jatuh pada Senin (1 Agustus). Namun kami juga ingin memastikan jika Senin lusa adalah 1 Ramadan dengan dibuktikan terlihatnya bulan sabit,” pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs