DPRD: Dana Jamkesda Terlalu Kecil

Jumat, 29 Juli 2011 - 20:48 WIB • Dibaca 122 kali

ILUSTRASI - Kartu Jamkesmas. Gambar: tribunnews

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang menilai bahwa pengajuan dana Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2011 Dinas Kesehatan setempat terlalu kecil.

Baca Juga

“Anggaran tambahan untuk dana Jamkesda yang diajukan Dinkes daerah ini dalam PAK masih terlalu kecil jika dibanding dengan warga miskin yang harus dilayani,” tegas anggota Komisi D DPRD Kota Malang Sutiaji, Jumat.

Dana yang diajukan Dinkes dalam PAK 2011 hanya sebesar Rp2,9 miliar yang seharusnya lebih dari Rp3,2 miliar karena hingga APril lalu masih ada sekitar 8.800 keluarga miskin (gakin) yang belum terkover program Jamkesda maupun Jamkesmas.

Menurut dia, dari jumlah gakin yang terdata sebanyak 31 ribu jiwa ditambah 8.800 jiwa yang belum terkover itu, estimasi anggaran yang dibutuhkan minimal mencapai Rp3,2 miliar.

Kalau pun nanti yang disetujui Dewan sebesar Rp2,9 miliar, katanya, Dinkes harus bisa menggunakannya secara maksimal tanpa mengurangi kualitas layanan kesehatan bagi gakin yang menggunakan program Jamkesda.

Namun demikian, kata politikus dari PKB itu, jika ternyata masih belum mencukupi, maka Dinkes bisa utang terlebih dahulu kepada pihak rumah sakit yang menjadi rujukan Jamkesda, yakni RST Soepraoen.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Enny Sekarengganingati mengatakan, jumlah penerima Jamkesda di Kota Malang sebanyak 32 ribu orang (jiwa). Setiap bulan, anggaran yang terserap untuk Jamkesda rata-rata mencapai Rp490 juta.

Menurut dia, tingginya masyarakat yang menggunakan Jamkesda ini disebabkan oleh dua hal, yakni yang sakit bertambah banyak atau jenis penyakitnya cukup parah, sehingga membutuhkan Jamkesda.

Ia mengakui, berdasarkan hitungan Dinkes, kalau melihat penggunaan selama awal tahun ini, sebenarnya yang diajukan dalam PAK masih kurang. Namun, bila dewan mau bersama-sama melakukan estimasi dan perhitungan, maka usulan Dinkes akan disetujui, bahkan ditambah lagi.

“Kami berharap usulan kami ini disetujui dulu. Syukur-syukur kalau dewan akan menambah anggarannya setelah melakukan estimasi bersama kami,” ujar Enny.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs