Jelang Ramadhan

"Punakawan" YDSF Kampanye Sadar Zakat

Jumat, 29 Juli 2011 - 17:48 WIB • Dibaca 152 kali

Foto: beritajatim.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Tokoh pewayangan Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong (Punakawan) yang diperankan anggota Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Cabang Malang, mengimbau agar masyarakat setempat sadar zakat.

Baca Juga

Aksi punakawan yang dirangkum dalam teatrikal di kawasan Stasiun Kota Baru Malang, Jumat, itu selain mengampanyekan sadar zakat bagi umat Islam menjelang Ramadhan, juga mengajak masyarakat untuk bertobat dan kembali ke jalan Allah.

“Secara umum punakawan ini menggambarkan sifat orang kebanyakan. Karakternya juga melambangkan bermacam-macam peran, sperti menghibur, kritis terhadap sosial kemasyarakatan, kebenaran serta kebajikan,” tegas Direktur Pelaksana YDSF Malang Agung Wicaksono.

Ia berharap, dengan menggunakan simbol tokoh punakawan tersebut, semoga pesan moral dan kebaikan menjelang Ramadhan diterima masyarakat dengan penuh keikhlasan dan kesadaran.

Lebih lanjut Agung mengatakan, potensi zakat di wilayah Malang raya (Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang) ini cukup besar, sehingga harus digali secara maksimal untuk kemudian disalurkan kepada yang berhak.

Sementara pada teatrikal tersebut Petruk menundukkan kepalanya di hadapan Semar. Ia menyampaikan pengakuan atas dosa-dosanya yang selama ini selalu terlena dengan minuman keras, sehingga membuat hidupnya berantasakan.

Tidak lama kemudian, giliran Bagong yang menyampaikan pengakuan dosa-dosa yang telah dilakukannya. Ia terlalu banyak menghabiskan masa hidupnya untuk berjudi dan uangnya dihabiskan untuk berzinah.

Melihat banyaknya sifat dan sikap buruk yang dilakukan Petruk dan Bagong, Semar dengan penuh kasih sayang memberikan “wejangan” (petuah) terhadap mereka semua. Mendengar wejangan yang menyejukkan, Petruk maupun Bagong bersedia bertobat, serta meninggalkan kemaksiatan duniawi.

“Kami berharap manusia sebesar apapun dosanya, mau bertobat dan akhirnya menjadi orang yang berjalan di atas ajaran Allah serta bijak,” ujarnya, menegaskan.

Agung mengakui, aksi itu menyambut pelaksanaan bulan Ramadhan dan YDSF mengajak masyarakat agar menyiapkan hati, pikiran, dan badan yang bersih saat menjalani puasa.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs