ESDM Target Tutup 10 Tambang Per Hari

Jumat, 29 Juli 2011 - 08:57 WIB • Dibaca 276 kali

GEDANGAN, MALANGRAYA.info – Sekitar 85 usaha pertambangan di Kabupaten Malang dalam proses penutupan oleh Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemkab Malang. Sampai saat ini Dinas ESDM baru menutup tiga usaha tambang di Kecamatan Dampit, Tumpang dan Kalipare. Setiap hari ESDM menargetkan penutupan 10 usaha pertambangan yang liar maupun izinnya habis.

Kepala Dinas ESDM Pemkab Malang Budi Iswoyo mengatakan, jenis usaha pertambangan terdiri dari tiga kategori. Yakni kategori berizin, kategori tak berizin serta kategori liar. Untuk kategori berizin ada lima usaha pertambangan, tiga di Sumbermanjing Wetan (Sumawe) dan dua lainnya di Kecamatan Wajak.

Baca Juga

"Sedangkan usaha tambang yang habis izinnya atau izin mati ada 85 titik yang tersebar di seluruh kecamatan, sedangkan tambang liar ada 88 titik namun itu jumlahnya fluktuatif bisa berkembang lagi," urainya.

Sesuai UU nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara, Dinas ESDM tak bisa mengeluarkan izin baru. Pasalnya, Kabupaten Malang belum mengantongi peta wilayah pertambangan. Adapun lima usaha tambang di Sumawe dan Wajak itu mengajukan izin WUP (Wilayah Usaha Pertambangan) ke Jakarta.

"Termasuk yang tambang kapur di Desa Segaran Kecamatan Gedangan itu izinnya mati, kita hari ini (kemarin) melayangkan surat perintah agar ditutup," tegasnya.

Di Kecamatan Gedangan kata Budi ada lima titik usaha pertambangan yang izinnya habis. Ditargetkan lima titik usaha tambang itu menerima perintah penutupan dari Dinas. Andaikan nanti mereka mokong maka Satpol PP dan Linmas yang akan bergerak.

"Kalau diperingatkan tak mempan maka Polisi akan turun tangan dan kena sanksi pidana," tegasnya.

Setiap hari, staff Dinas ESDM dibebani target membawa sepuluh surat perintah penutupan usaha tambang. Namun karena keterbatasan personil, sampai detik ini baru tiga usaha tambang yang ditutup. Di Kecamatan Tumpang dan Dampit pihaknya menutup tambang pasir dan batu (sirtu).

"Kalau di Kalipare yang kita tutup adalah tambang marmer, kalau nekat buka maka sudah menjadi urusan polisi, itu pelanggaran pidana," bebernya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs