Jelang Pilkada Kota Batu 2012

SAPU, Siap Hadang Politik Uang

Jumat, 29 Juli 2011 - 08:37 WIB • Dibaca 147 kali

Foto: malang post

JUNREJO, MALANGRAYA.info – Sejumlah elemen di Kota Batu, sepakat ikut mengurangi money politic dalam pelaksanaan Pilkada tahun depan. Salah satu yang dilakukan elemen itu, membentuk Sapu (Satuan Tugas Anti Politik Uang) untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada.

Baca Juga

Hasil itu terlihat dari Rembugan Demokrasi, berlangsung di Kantor KPU Jalan Raya Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kamis (28/7). Acara itu dihadiri sejumlah elemen seperti HMI Cabang Malang, KBD (Komunitas Batu Untuk Demokrasi), hingga sejumlah tokoh masyarakat.

“Kita tidak mungkin membasmi money pilitik, namun setidaknya bisa mengurangi dengan langkah-langkah pengawasan,” ungkap Rudianto, salah satu fasilitator acara Rembugan.

Sapu, misalnya, dilakukan dengan memberikan seragam khusus kepada petugas. Mereka kemudian akan memantau pelaksanaan pra hingga pelaksanaan pilkada. Minimal keberadaan mereka akan mengurangi pelaku-pelaku yang berniat melakukan money politik.

Rahmad, salah satu tokoh masyarakat menyebutkan jika money politik ibarat kentut. Artinya bisa tercium, namun tidak bisa dilihat apalagi dipegang. Makanya kasus money politik dalam pelaksanaan Pilkada, sangat sulit terlacak hingga ada proses hukum.

“Sewaktu menjadi Panwas Pemilu, kami sering mendapatkan laporan adanya money politik. Kami sudah memproses laporan itu hingga saksi-saksi dan mencari bukti. Orang yang menjadi saksi, ternyata ngaku tidak menerima uang, sehingga bukti tak ditemukan,” tegasnya.

Beberapa orang yang hadir malahan menyebut, Kota Batu masih memiliki banyak kentongan. Bisa saja ada tanda khusus pukulan kentongan, jika ada praktik money politik. Ketika bunyi kentongan seperti itu, warga bisa turun agar bisa menangkap pelaku yang bagi-bagi uang untuk mempengaruhi pemilihan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs