Peni Siap Lepas Kursi Ketum KONI

Kamis, 28 Juli 2011 - 10:41 WIB • Dibaca 213 kali

Peni Suparto. Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Wali Kota Malang, Peni Suparto siap mundur dari jabatannya sebagai ketua umum KONI Kota Malang, jika ada aturan perundangan yang melarangnya. Peni beralasan, hingga kemarin belum menerima surat atau aturan yang melarang wali kota merangkap jabatan sebagai ketua KONI.

Baca Juga

“Saya siap mundur dari KONI kalau aturan memang melarangnya. Saya belum menerima surat itu," kata Peni Suparto, usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Malang, kemarin.

Seperti diketahui, Mendagri sudah menerbitkan surat edaran No. 800/2398/SJ tertanggal 28 Juni 2011 tentang Larangan Perangkapan Jabatan Pada Kepengurusan KONI dengan Jabatan Struktural dan Jabatan Politik.

SE itu memperkuat Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan. Dalam UU No. 3 tahun 2005 pada pasal 40 disebutkan Pengurus komite olahraga nasional, komite olahraga provinsi, dan komite olahraga kabupaten/kota bersifat mandiri dan tidak terikat dengan kegiatan jabatan struktural dan jabatan publik.

Yang dimaksud dengan jabatan publik dalam ketentuan itu adalah suatu jabatan yang diperoleh melalui suatu proses pemilihan langsung oleh rakyat atau melalui pemilihan di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, antara lain Presiden/Wakil Presiden dan para anggota kabinet, gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, walikota/wakil walikota, anggota DPR-RI, anggota DPD-RI, anggota DPRD, hakim agung, anggota komisi yudisial, Kapolri, dan Panglima TNI.

“Aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat akan kami taati," ungkapnya.

Selain wali kota, di KONI juga ada Priyatmoko Oetomo yang menjabat sebagai wakil ketua KONI. Dalam aturannya, anggota DPRD juga tidak boleh merangkap jabatan di KONI.Jika sampai mundur dari jabatannya sebagai ketua KONI, orang nomor satu di Pemkot Malang itu akan menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme yang ada di KONI Kota Malang.

Meski nantinya Peni tak lagi menjabat Ketua KONI, pihaknya menjamin, pembinaan olahraga di Kota Malang, tidak akan terganggu.

“Saya yakin, walaupun bukan saya Ketum KONI, pembinaan olahraga tetap akan jalan. Karena mekanisme organisasi sudah berjalan,” tambahnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs