Jual Miras Racikan

Cafe "Belok Kiri" Tlogomas Ditutup Paksa

Kamis, 28 Juli 2011 - 09:06 WIB • Dibaca 499 kali

Foto: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Kafe Belok Kiri di Jalan Tlogomas Kelurahan Kecamatan Lowokwaru ditutup paksa oleh ratusan pria berkopiah, tadi malam. Sekitar pukul 20.00 sekitar 150 orang datang ke kafe tersebut dan meminta pihak pemilik menutup usahanya. Penutupan dilakukan lantaran kafe itu menjual minuman keras racikan.

Baca Juga

Penutupan itu mengatasnamakan Forum Peduli Pemuda Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kronologisnya, sekitar pukul 16.00 dilakukan dialog antara Forum Peduli Pemuda dan pemilik Kafe Belok Kiri Pandan Pangungkapon Hutasoit di Balai Kelurahan Tlogomas. Dialog itu berlangsung alot dan tidak menemui titik temu.

Pemilik Kafe tetap bersikukuh untuk membuka usaha lantaran sudah terlanjur mengeluarkan modal cukup banyak. Kafe juga memiliki izin dari pihak terkait serta minuman yang dijual juga sudah diperiksakan di Departemen Kesehatan. Disisi lain, Forum tetap meminta kafe itu ditutup selamanya.

Sekitar pukul 20.00, lantaran pertemuan buntu, ratusan orang kemudian meluruk ke Kafe yang berjarak sekitar 2 km dari Kelurahan. Disana sempat terjadi perang mulut, lantaran pihak pengelola meminta ganti rugi jika kafenya ditutup. Disisi lain ratusan orang dari Forum sudah berteriak agar kafe tetap ditutup.
Akhirnya orang-orang dari Forum tetap memasang spanduk berisi pernyataan penutupan di depan pintu kafe.

Mereka secara serempak langsung sujud syukur begitu selesai memasang dua spanduk. Dua spanduk itu bertuliskan Marhaban ya Ramadhan dan spanduk kedua berisi pernyataan penutupan. Insiden itu sempat membuat kawasan dekat Terminal Landungsari itu macet. Sejumlah Polisi serta warga sekitar juga berdatangan ke lokasi. Pengguna jalan yang penasaran ikut berhenti untuk melihat proses penutupan.

“Sudah kami peringatkan, kafe ini meresahkan warga karena menjual minuman keras, beberapa minggu lalu ada tawuran setelah minum minuman keras, korbannya meninggal pemilik kafe Capenong Nur Maulana,” urai Koordinator Peduli Pemuda Suliadi Lukman Hakim.

Yang disesalkan Lukman sapaan akrabnya, kafe itu awalnya mengantongi izin berjualan kopi. Namun saat warga menyelidiki ternyata berjualan minuman keras. Hal itu diketahui dari bau menyengat berasal dari kafe. Warga memperingatkan pemilik yang diitindaklanjuti dengan pemeriksaan laboratorium Kualitas Air Jasa Tirta di Surabaya. Analisa di lab dilakukan tanggal 13 Juni dan terbit hasil pada 27 Juni 2011 ditandatangani Kepala Laboratorium Darwis Hidayat Adiko ST. parameter Kode A ethanol hasilnya 14,03 dan Kode B ethanol hasilnya 36,15.

“Sesuai hasil lab positif ada kandungan alkohol, kafe ini juga pernah dirazia polisi,” imbuh Lukman.

Yono yang mengaku warga RT 02 RW 7 Kelurahan Tlogomas berharap agar kafe itu tutup selamanya. Jika tidak ditaati maka dirinya tidak bertanggung jawab apa yang nanti bisa terjadi.

“Entah itu dibakar atau apa ya terserah warga nanti,” ungkap pria berkopiah itu.

Sementara itu pemilik Kafe Pandan Pangungkapan Hutasoit mengaku bahwa kafenya menjual minuman keras. Minuman itu sudah didaftarkan ke departemen kesehatan dan aman dikonsumsi. Usaha yang dia jual itu berupa cocktail yang dihasilkan dari peracikan sesuai dengan sekolah perhotelan.

“Kafe ini izinnya minuman keras beralkohol dalam proses mas, dulu sudah ada izinnya memang untuk kopi, saya hanya meneruskan dari pemilik lama dan izin minuman beralkohol yakni SIUP MB masih proses di Disperindag,” ujarnya.

Yang dia sesalkan, ratusan orang yang datang adalah orang-orang diluar lingkungan Kafe. Kata dia, selama ini kafe sudah punya izin HO dan berdiri sejak tahun 2010. Atas penutupan itu maka enam orang karyawannya terancam menganggur.
“Saya masih bingung kemudian nanti seperti apa,” aku pria yang beralamat di Bratang Binangun Barata Jaya Surabaya itu.

Terpisah, Camat Lowokwaru Kusnadi yang hadir di lokasi sempat meredam warga agar bersabar. Menurut Kusnadi, sepengetahuan dia kafe memang ada izinnya untuk berjualan kopi. Soal menjual miras dia belum tahu dan akan segera koordinasikan dengan Satpol PP.

“Nanti satpol yang akan bertindak mas, sudah saya komunikasikan,” tegas dia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
cafe belok kiri berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs