Petani Mulai Manfaatkan Jaringan Internet

Kamis, 28 Juli 2011 - 08:51 WIB • Dibaca 429 kali

PAKISAJI, MALANGRAYA.info – Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Pemkab Malang, Ir. M. Nasri Abd.Wahid, M.Eng.Sc menyatakan dunia pertanian di Kabupaten Malang adalah satu-satunya yang memanfaatkan teknologi informasi (TI). Para petani sudah melek teknologi dengan penggunaan sejumlah aplikasi pada internet. Seperti pemakaian skype, layanan teleconference melalui internet yang bisa diakses secara gratis.

“Informasi ini kami dapatkan dari tim penilai lomba Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) beberapa waktu yang lalu," katanya, kemarin.

Baca Juga

Penilaian tingkat nasional lomba UKPP berprestasi ini, menurut Nasri akan dilaksanakan hari ini (28/7). Petani di Kabupaten Malang sendiri selama ini telah memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi.

“Tim penilai akan melihat secara langsung bagaimana IT ini diaplikasikan oleh para petani Pakisaji,Kepanjen dan Singosari dengan sasaran antara melalui penyuluh dan beberapa Gapoktan atau Poktan, teleconference melalui skype dilaksanakan secara rutin di kantor BKP3 " ulasnya.

Nasri menambahkan, fasilitas TI tersebut dinikmati oleh 348 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Penggunaan TI ini memungkinkan Gapoktan untuk berkomunikasi secara interaktif dengan 286 penyuluh secara real time.

“Targetnya antara kelompok sasaran adalah 30 persen pada 2011 ini. Kita memanfaatkan sinyal internet melalui perangkat handphone maupun laptop untuk berkomunikasi, kami berterima kasih kepada operator handphone yang telah banyak menyediakan coverage area sinyal di Kabupaten Malang " ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Perumahan Pemkab Malang tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi, Dra. E. Kamti Astuti mengatakan bahwa tim penilai adalah staff dari Kementerian Pertanian. Tim itu akan didampingi tim Pemerintah Privinsi Jawa Timur. Ada indicator tertentu yang akan dinilai, terutama sejumlah hal penting.

"Yang dinilai adalah visi, misi, motto pelayanan, sistem dan prosedur pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM) pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan serta faktor-faktor yang menonjol sebagai unit unggulan pelayanan yang bersangkutan," kata perempuan yang pernah menjabat sebagai Camat Sumberpucung ini.

Kamti menambahkan, apabila BKP3 Kabupaten Malang masuk nominasi penilaian oleh Tim dari Kementerian Pertanian, maka akan mengikuti ekspose kinerja pelayanan pada minggu kedua bulan September 2011,dihadapan para pakar di Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Jika dalam tahap tersebut berhasil, maka Pemerintah Kabupaten Malang melalui BKP3 akan menerima penghargaan Abdi Bakti Tani berupa piala, plakat, piagam dari Menteri Pertanian tanggal 29 Nopember 2011 pada Puncak Peringatan hari KORPRI," pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pada 9 Mei 2011 lalu tim penilai dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah melakukan penilaian. BKP3 diajukan sebagai nominator tingkat nasional karena karena BKP3 memiliki ikon pertanian berbasis TI.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs