Jelang Ramadhan

Daging di Kota Malang Dipastikan Bebas Penyakit

Rabu, 27 Juli 2011 - 10:49 WIB • Dibaca 115 kali

ILUSTRASI. Foto: antara

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Malang, Jawa Timur, memastikan jika daging yang beredar di pasaran kota itu bebas dari berbagai jenis penyakit dan aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga

“Saya pastikan daging yang dipotong di RPH dan beredar di pasaran aman untuk dikonsumsi, bahkan pada Ramadan dan Idul Fitri 1432 H nanti juga tidak ada masalah,” tegas Direktur RPH Kota Malang Djoko Sudadi di Malang, Rabu.

Ia mengakui, pada hari-hari biasa tingkat konsumsi daging sapi masih stabil dengan rata-rata pemotongan antara 50 ekor-60 ekor per hari, bahkan ketika memasuki Ramadan pun juga masih stabil.

Menurut mantan Kabag Umum Pemkot Malang itu, konsumsi daging sapi akan mengalami peningkatkan ketika hari-hari menjelang Lebaran dan puncaknya sekitar H-7 hingga H-3 dengan tingkat pemotongan mencapai 100-110 ekor per hari.

Djoko menegaskan, meski pada saat menjelang Lebaran tingkat konsumsi dan pemotongan sapi meningkat, daging yang beredar dipastikan tetap aman, sebab sebelum dan sesudah dipotong harus menjalani pemeriksaan ketat untuk mengetahui layak tidaknya sapi itu dikonsusmsi.

Jika pada saat menjelang Lebaran tingkat konsumsi daging sapi meningkat, konsumsi daging kambing justru mengalami penurunan. Pada hari-hari biasa kambing yang disembelih di RPH setempat rata-rata mencapai 80 ekor.

“Bahkan ketika musim Lebaran Haji (Idul Adha), aktivitas pemotongan hewan (sapi dan kambing) justru berhenti total. Dan saat itulah petugas baru bisa libur,” ujarnya menambahkan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs