700 Calon Mahasiswa UB Tak Daftar Ulang

Rabu, 27 Juli 2011 - 09:32 WIB • Dibaca 842 kali

Grafis: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info- Proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) Malang tahun ini memang belum rampung. Tapi hingga kemarin tercatat sedikitnya 1400 pendaftar di salah satu kampus ternama itu mengundurkan diri. Rinciannya sebanyak 700 siswa tidak daftar ulang setelah diumumkan lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan. Dan sebanyak 732 pendaftar mundur setelah diterima di SNMPTN jalur tulis.

Baca Juga

“Daftar ulang jalur tulis baru berakhir 15 Juli lalu, dan dari data yang masuk ternyata yang tidak daftar ulang jumlahnya masih ratusan,” ungkap Kepala Humas UB, Susantinah Rahayu kepada Malang Post.

Jumlah total kursi kosong ini belum ditambah jika ada yang kembali tidak daftar ulang pada jalur terakhir yang masih dalam proses pendataan. Yaitu jalur seleksi program minat dan kemampuan (SPMK), Seleksi Program Kemitraan (SPKIns) dan Seleksi Program Diploma (SPKD). Sebab pendaftar dijalur ini masih akan didata hingga 28 Juli besok.

Sayangnya UB belum bisa mendeteksi apa alasan mundurnya ribuan pendaftar. “Kalau alasannya soal dana saya rasa tidak beralasan, sebab di UB untuk daftar ulang biayanya hanya sekitar Rp 1,8 juta,” ujarnya.

Kalaupun tidak mampu kata wanita ramah ini, ada program SPP dan sumbangan proporsional yang disesuaikan dengan kemampuan orang tua mahasiswa baru. Dana ini dibayarkan setelah pihak kampus menentukan kategori biaya yang harus dibayarkan.

“Awal Agustus ini baru akan ditentukan berapa besaran biaya proporsional bagi yang diterima dijalur mandiri,” jelasnya.

Disinggung tentang kebijakan mengenai kursi yang kosong ini Santi enggan berkomentar.

Setelah mengakhiri proses penerimaan siswa barunya, rencananya pada 15 Agustus akan digelar upacara penerimaan mahasiswa baru. Dilanjutkan dengan ospek mahasiswa baru pada 17-20 Agustus di fakultas masing-masing. Ospek UB sedikitnya akan diikuti sebanyak 13200 mahasiswa. Tahun ini UB berkomitmen untuk menghindari perploncoan selama gelaran ospek. Beberapa waktu lalu bahkan sudah dilakukan deklarasi untuk menyambut mahasiswa baru dengan baik.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
ospek ub berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs