Pencuri Motor di Kampus UB "Dimassa"

Rabu, 27 Juli 2011 - 09:15 WIB • Dibaca 472 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Sepintar-pintarnya tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Pepatah ini mirip dengan Rudi Purwoko, 39 tahun. Setelah beberapa kali mencuri sepeda motor, warga Desa Kalibening, Pronojiwo, Lumajang ini kemarin dihajar puluhan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) di areal parkir gedung baru Teknik Industri UB.

Dia tertangkap basah mencuri motor Yamaha Vega, W 2808 AA milik Mokhammad Agus Tri Rakhmawan, 20 tahun, kos di Jalan Terusan Sigura-gura Blok D Malang. Akibat hajaran para mahasiswa ini, dia pun terpaksa dilarikan ke IRD RSSA Malang.

Baca Juga

“Kami belum bisa mendapat keterangan apa-apa karena masih menjalani perawatan,” ujar Kanitreskim Polsekta Lowokwaru, AKP Didik Suharmadi.

Dijelaskan dia, pencurian ini dilakukan Rudi, panggilan tersangka dengan cara menempelkan plat nomor palsu, N 6640 ZS terlebih dulu ke plat nomor motor Yamaha Vega yang dicurinya.

Setelah itu, dengan kunci T yang dibawanya, dia lantas membongkar lubang kontak motor. Nampaknya, aksinya ini masih belum terendus. Namun, sedetik kemudian, ketika menuntun motor ini keluar, wajahnya pucat pasi. Mesin motornya tidak bisa dinyalakan. Kebetulan, Heri, salah seorang satpam yang berjaga melihat kejanggalan ini, terutama plat nomor yang tak wajar. Dia curiga dan mendekat. Tersangka yang merasa aksinya ketahuan, memilih kabur.

“Satpam itu langsung teriak pencuri sehingga banyak mahasiswa yang ikut mengejar,” ujar Nanang, salah seorang mahasiswa kepada Malang Post.

Hanya berjarak 100 meter, Rudi berhasil ditangkap dan dihajar habis-habisan oleh mahasiswa ini. Nasibnya masih beruntung, ketika Didik dan beberapa anggota petugas Polsekta Lowokwaru datang.
Melihat kondisi Rudi yang kelenger, dia pun dibawa ke IRD RSSA Malang. Agus, pemilik motor mengaku tidak tahu kalau motornya menjadi sasaran pencurian.

“Motor memang saya tinggal untuk mengikuti rapat Probin mahasiswa baru. Setelah itu, saya diberi kabar kalau motor saya dicuri,” terangnya.

Spesialis Tempel Plat Nomor

Dalam aksinya kemarin, Rudi diduga kuat juga hendak mencuri Honda Beat, N 5161 JV milik Septian Nasional, 21 tahun, warga Lawang yang diparkir di belakang Gedung Fakultas Tehnik Mesin. Dugaan itu dikuatkan dengan keterangan Iwan, saksi yang melihat Rudi mengotak-atik motor itu.

“Ketika itu saya berjalan ke gedung Teknik Mesin. Saya lihat dia mondar mandir dan gayanya mencurigakan. Saya lantas memilih memberitahu Septian,” kata Iwan.

Septian yang keluar melihat motornya, kaget karena motornya sudah berpindah tempat dengan kondisi mesin hidup.

Ada dugaan, Rudi tidak jadi mencuri motor itu karena kondisi parkir yang ramai dan plat nomor serta STNK aspal yang dibawanya hanya untuk motor Yamaha Vega. Secara khusus, Heri, satpam yang ikut menangkap mengaku sudah empat motor yang hilang dalam satu bulan ini.

“Kami sudah berusaha melakukan pencegahan dengan patroli. Semoga setelah ini tidak ada lagi pencuri motor yang masuk kampus,” ujarnya.

Sedangkan Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP Anton Prasetyo memiliki data khusus terkait Rudi. Alumni Akpol tahun 2002 itu mengatakan, tahun 1999, Rudi pernah ditangkap anggota unit Tekab Polres Malang Kota karena mencuri motor di 125 TKP.

“Tersangka ini sangat profesional. Dia melakukan pencurian dengan berbagai modus, termasuk menempel plat nomor,” tegas dia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs