Jelang Ramadhan

Polres Malang Kumpulkan Pedagang Emas

Rabu, 27 Juli 2011 - 09:11 WIB • Dibaca 404 kali

Foto: malang post

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Langkah antisipasi terus dilakukan jajaran Polres Malang menjelang pelaksanaan ibadah puasa dan Lebaran. Seperti yang dilakukan kemarin siang. Seluruh pedagang alias pemilik toko emas di Pasar Kepanjen, dikumpulkan di ruang eksekutif Polres Malang.

Baca Juga

Sengaja dikumpulkannya sejumlah pedagang emas yang tergabung dalam wadah paguyuban tersebut, bukan tanpa alasan. Mengingat, dari tahun ke tahun dan bahkan rutin tahunan menjelang puasa atau menjelang Lebaran, toko emas acapkali sebagai sasaran tindak kejahatan. Termasuk, sering dipakai sebagai sasaran penjualan perhiasan hasil tindak kejahatan.

Antisipasi itulah, yang diberikan kepada penjual emas di Pasar Kepanjen. Melalui Kasat Bimas Polres Malang, AKP Supari, Ketua Paguyuban Toko Emas, H Zainal Fachris dan Kepala UPTD Pasar Kepanjen, Sanusi, meminta kepada pemilik toko agar bisa menjadi polisi bagi diri mereka sendiri.

“Bagaimana caranya, penjual harus respon terhadap lingkungan dan diri sendiri. Seperti contoh kecil, tidak menerima dengan mudah perhiasan yang tanpa dilengkapi surat-surat. Tanpa terkecuali, apa pun alasan bagi mereka yang hendak menjual perhiasan itu,” terang Kasat Bimas.

Ditambahkan mantan Kasat Narkoba Polres Malang itu, sebagai penjual emas, tidak ada salahnya untuk mencurigai mereka yang hendak beli atau datang ke toko emasnya. Dengan catatan, tentu kecurigaan itu harus memiliki dasar dan tidak asal-asalan. Hal yang utama, bisa segera melaporkan ke petugas kepolisian.

“Bagaimana orang yang harus dicurigai, tentu dasarnya juga harus ada. Sebagai contoh, yang datang itu hendak menjual emas dan dalam kondisi tergesa-gesa. Sementara surat-surat perhiasan, tidak ada. Harga emas yang akan dijual, juga di bawah harga standar. Ini bisa dijadikan contoh kecilnya,” ungkap Supari.

Jika mengetahui kondisi seperti itu, akan lebih baik jika orang tersebut dihafalkan dan segera mengadukan kejadian ke petugas. Hal lainnya, jika sesama penjual mengalami musibah seperti menjadi korban perampokan atau pencurian, rekannya yang lain secepatnya menginformasikan kepada petugas.

“Jangan salah, jika pemilik toko emas justru bisa sebagai tersangka. Kenapa, karena membeli perhiasan dari hasil kejahatan. Inilah, yang harus dipahami dan dimengerti. Sehingga, penjual aman selama berjualan dan tidak kesandung dengan masalah yang dibuat sendiri,” terang Kasat Bimas.

Dalam kesempatan itu, H Zainal Fachris mengharap agar polisi bisa memberikan klasifikasi yang bisa mengakibatkan pemilik toko emas menjadi tersangka. Termasuk, prosedur jelas seperti penjual emas harus meninggalkan foto copi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau bagaimana, jika memang surat-surat perhiasan hilang.

“Pertemuan ini sangat berarti untuk kami. Karenanya, mohon prosedur-prosedurnya bisa lebih diterangkan kepada pemilik toko emas. Sehingga, langkah antisipasi selama puasa dan Lebaran atau hari-hari berikutnya, bisa berjalan maksimal,” ujarnya.

Mengenai pertemuan sendiri, menurut rencana tidak hanya diberlakukan bagi pemilik toko emas. Namun, paguyuban lain yang aktifitasnya rentan dengan tindak kejahatan, juga akan diberikan pengertiaan serupa. Sehingga, tidak rentak dengan dijadikan jujugan tindak kejahatan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs