Tidak Penuhi Syarat, Tunjangan 17 Guru Ditahan

Rabu, 27 Juli 2011 - 08:27 WIB • Dibaca 162 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Tunjangan profesi (TP) guru yang lolos sertifikasi akan segera dicairkan pada pertengahan Agustus mendatang. Dari hasil evaluasi dan monitoring Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang ditemukan ada 17 guru yang tidak menerima tunjangannya utuh untuk enam bulan.

“Karena tidak memenuhi syarat 24 jam mengajar maka sebanyak 17 guru tahun ini tunjangannya akan dipending atau ditahan dulu,” ungkap Kabid Fungsional Tenaga Kependidikan (Tendik) Disdik Kota Malang, Supriyadi.

Baca Juga

Penyebabnya kata dia ada guru yang jatuh sakit sehingga tidak bisa mengajar. Karena TP diberikan sebagai penghargaan atas tugas mengajarnya maka tidak bisa dicairkan. Guru bisa kembali melapor jika memang sudah aktif mengajar dan bisa memenuhi kewajiban 24 jam-nya.

Tahun lalu lanjutnya Disdik mengembalikan TP ke rekening pemerintah hingga Rp 1milyar. Sebab ada guru yang tidak mungkin dicairkan tunjangannya karena tidak memenuhi kewajiban mengajar 24 jam itu.

“Mengajar 23 jam saja tunjangan tidak akan dicairkan, karena ketentuannya dalam satu minggu harus mengajar 24 jam,” tegasnya.

Pencairan juga tidak bisa dilakukan kepada guru yang sedang mendapatkan sangsi karena melanggar disiplin PNS. Sementara bagi guru yang pensiun atau meninggal maka tunjangan diberikan sebanyak masa kerja aktif yang sudah dilaksanakannya.

Tahun ini sebanyak 2557 guru di Kota Malang akan diusulkan untuk mendapatkan TP. Karena itu sinkronisasi terus dikerjakan oleh Disdik Kota Malang. Untuk memilih guru mana yang berhak mendapatkan SK pencairan dan guru mana yang tidak berhak.

Dalam waktu dekat pemerintah pusat juga akan menerjunkan sejumlah tim untuk mengawasi kinerja guru pasca tunjangn profesi. Sebab disinyalir tidak ada peningkatan kinerja pada guru yang sudah menerima tunjangan. Disdik Kota Malang juga sudah menyiapkan diri untuk mensukseskan program tersebut.

“Kami juga melibatkan pengawas dan kepala sekolah agar ikut memantau kinerja guru,” bebernya.

Kepala sekolah misalnya memiliki tugas besar untuk melaporkan dengan sebenarnya berapa jam guru melaksanakan tugasnya dalam satu minggu. Laporan itu harus ditandatangani oleh kepala sekolah sebagai bentuk tanggung jawabnya. Kalau ada laporan yang tidak benar tentu saja kepala sekolah yang harus bertanggung jawab.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs