Proyek DAM Senilai Rp 3 M Lebih Mangkrak

Selasa, 26 Juli 2011 - 20:16 WIB • Dibaca 356 kali

Foto: beritajatim.com

GEDANGAN, MALANGRAYA.info – Proyek DAM air (Embung) senilai Rp.3 miliar lebih mangkrak. Bangunan embung di Dusun Putat, Desa Segaran, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang hingga Selasa (26/7/2011) siang ini bernasib tragis. Selain tidak terawat dengan baik, bangunan embung yang didanai dari APBD Pemkab Malang itu, tak jelas kegunaannya.

Baca Juga

Ironisnya, saat dibangun pada 2007 lalu itu, proyek pengerjaan DAM tidak menunjukkan kontraktor mana yang melakukan pekerjaan guna kesejahteraan warga setempat dalam hal air bersih.

Tak hanya proyek DAM yang mangkrak, di tempat sama juga terbangung WISLIC. Wislic ini, rencanannya dipakai untuk saluran air bersih. Padahal, bangunan Wislic senilai Rp.400 juta, tidak pernah sekalipun meneteskan sumber air alias tidak berfungsi. Sehingga, warga dua dusun yakni Dusun Putat dan Krajan, Desa Segaran, sangat kecewa dengan bangunan prestisius di desanya yang tidak berfungsi sama sekali.

“Kami butuh air bersih. Janji Pemkab Malang jika dua bangunan itu untuk kesejahteraan nyatanya tidak pernah terwujud,” ungkap Karminto, warga RT10,RW4, Dusun Putat, Desa Segaran, Selasa (26/7/2011) siang pada wartawan.

Dijelaskan dia, kebutuhan mendesak warga saat ini adalah, adanya air bersih. Namun, setelah proyek besar itu dibangun, tak juga ada hasilnya. Padahal, nilai nominalnya miliaran rupiah. Ironisnya, bangunan proyek embung kini mangkrak dan terkesan tidak berguna lagi.

Terpisah, Kepala Desa Segaran, H.Tasan mengatakan, warga butuh air bersih. Saat ini, warga harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer jika ingin mendapatkan air. Kalaupun nekat membuat sumur, harus dengan kedalaman diatas 25 meter.

“Kami sudah mengajukan proyek pembenahan kembali pada pemkab malang. Tapi sampai hari ini, tidak ada kejelasan,” paparnya.

Diduga, proyek itu adalah fiktif. Nominal miliaran rupiah yang didanai APBD tahun 2007 lalu, menjadi bancakan sejumlah oknum. Pasalnya, embung dan juga wislic itu sampai kini tidak berfungsi dengan baik. Jangankan dirawat, setetes airnya pun tak keluar dari dua sarana tersebut.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs