Unisma Bakal Godok 120 Guru Madrasah

Senin, 25 Juli 2011 - 22:21 WIB • Dibaca 616 kali

Universitas Islam Malang (Unisma)

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Universitas Islam (Unisma) Malang kembali dipercaya Kementrian Agama RI untuk meningkatkan kualifikasi guru madrasah. Kali ini Unisma akan menjadi tempat untuk menggodok 120 guru madrasah yang belum bergelar sarjana. Yaitu untuk jenjang S1 jurusan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.

Baca Juga

“Masing-masing jurusan akan menampung 40 mahasiswa, biayanya gratis karena ada beasiswa dari Kementrian Agama,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Unisma Malang, Dr H Masykuri Bakri kepada Malang Post.

Ada 16 perguruan tinggi yang dipercaya untuk menjalankan program peningkatan kualifikasi. Sebelumnya kata Masykuri, Unisma dipercaya untuk meningkatkan kualifikasi guru madrasah khusus untuk guru agama. Kali ini guru umum di madrasah juga mendapatkan kesempatan yang sama.

Di Jawa Timur, hanya ada dua perguruan tinggi yang melaksanakan program ini. Yaitu di Unisma Malang dan IAIN Sunan Ampel Surabaya. Pendaftaran dimulai sejak 28 Juli sampai 12 Agustus. Tempat pendaftaran di kantor kualifikasi guru RA atau Madrasah Fakultas Agama Islam Unisma.

“Usia maksimal yang bisa mendaftar adalah 53 tahun dan tidak sedang studi di perguruan tinggi lain,” kata dia.

Meski program beasiswa namun ia berjanji Unisma akan mengelolanya dengan baik. Targetnya mahasiswa yang lulus nanti menjadi mahasiswa berkualitas. Sebab peranan guru madrasah ini sangat besar untuk dunia pendidikan di jenjang madrasah. Mengingat masih banyak madrasah yang tertinggal dan perlu SDM handal.

Rencananya tes tulis seleksi ini akan dilaksanakan pada 15 Agustus dan pengumuman hasil seleksi pada 18 Agustus. Bagi yang lulus tes tulis harus mengikuti interview dan tes baca Al Quran pada 20 Agustus.

“Karena yang mendapat beasiswa adalah guru madrasah maka syarat bisa baca Al Quran menjadi syarat wajibnya,” pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
unisma malang unisma malang 2012 berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs