Jelang Ramadhan

Kemenag Minta Masyarakat Tunggu Keputusan Pemerintah

Senin, 25 Juli 2011 - 20:46 WIB • Dibaca 131 kali

ILUSTRASI. Gambar: shutterstock

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, Jawa Timur, meminta masyarakat menunggu hasil “rukyatul hilal” atau observasi hilal yang dilakukan pemerintah untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1432 Hijriyah.

Baca Juga

Kepala Kemenag Kota Malang, Abdul Manan, Senin mengakui, sejauh ini memang ada organisasi Islam yang sudah mengumumkan awal puasa pada tanggal 1 Agustus 2011 dengan cara hisab atau perhitungan.

Namun, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat mengikuti keputusan yang dibuat pemerintah dalam penentuan tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar masyarakat tidak perlu bingung apabila ada kabar mengenai awal puasa sebelum adanya pengumuman resmi dari pemerintah.

“Kemenag Kota Malang juga akan melaksanakan “rukyatul hilal” untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan 1432 Hijriah. Dan dalam setahun ini kita melakukannya sebanyak tiga kali, yakni untuk menentukan awal Ramadhan, awal Syawal serta tanggal 10 Dzulhijah di kawasan Pantai Ngliyep serta di kawasan Blitar,” katanya.

Sebelumnya, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur memprediksi awal Ramadhan 1432 Hijriah akan datang dalam waktu bersamaan yakni 1 Agustus 2011.

“Tapi, awal Syawal 1432 H (Hari Raya Idul Fitri) ada kemungkinan tidak bisa bersamaan, karena ketinggian hilal (rembulan muda) di bawah dua derajat,” kata Ketua Lajnah Falakiyah PWNU Jatim Dr H Abd Salam Nawawi MAg.

Salam menjelaskan kalender/almanak PWNU Jatim mencatat ijtimak terjadi pada 31 Juli 2011 pukul 01.41 WIB dengan tinggi hilal hakiki mencapai 7 derajat 5 menit 50,2 detik.

“Jadi, awal Ramadhan 1432 H kemungkinan akan bersamaan, karena tinggi hilal di atas dua derajat, sehingga puasa Ramadhan bersamaan yang dimulai pada 1 Agustus 2011,” katanya.

Namun, katanya, ijtimak untuk awal Syawal 1432 H terjadi pada 29 Agustus 2011 pukul 10.05 WIB dengan tinggi hilal hakiki 1 derajat 57 menit 45,08 detik.

“Karena tinggi hilal tidak mencapai dua derajat, maka kemungkinan akan terjadi perbedaan yakni ada yang ber-Idul Fitri pada 30 Agustus dan ada pula tanggal 31 Agustus,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
kemenag malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs