Dewan Protes Target Retribusi Turun

Senin, 25 Juli 2011 - 09:10 WIB • Dibaca 40 kali

ILUSTRASI. Gambar: harianjogja.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Anggota DPRD Kota Malang mempertanyakan usulan penurunan target total retribusi daerah dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2011 yang disampaikan Pemkot Malang. Sebab usulan tersebut dinilai tidak realistis lantaran kota pendidikan ini memiliki banyak potensi retribusi.

Baca Juga

Anggota Komisi B, H Pujianto mengatakan, jumlah target retribusi yang diusulkan diturunkan oleh Pemkot Malang sangat tinggi. Yakni hampir mencapai setengah miliar rupiah.

Sebelum PAK, target retribusi daerah sebesar Rp 28.3 Juta. Namun dalam proyeksi PAK, diusulkan turun menjadi Rp 27.830.485.000. Atau usulan penurunannya sebesar Rp 469.515.000.

Menurut Pujianto, usulan penurunan target retribusi mengundang pertanyaan karena potensi retribusi di Kota Malang sebenarnya sangat besar. Bahkan terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Ada banyak jenis retribusi di Kota Malang dan semuanya memiliki potensi. Salah satu contohnya IMB. Pembangunan sedang menggeliat, dimana-mana terdapat bangunan baru dan berbagai perumahan. Masa dengan kondisi ini, target retribusi diturunkan," kata Pujianto.

Politisi PAN ini mengatakan, IMB adalah salah satu contoh saja. Masih ada jenis retribusi lain yang menjadi penyumbang pendapatan daerah. Diantaranya retribusi parkir dan berbagai retribusi lain. “Karena itulah seharusnya target retribusi diusulkan naik dalam pembahasan PAK. Ini sesuai potensi retribusi yang ada di Kota Malang. Untuk memastikannya lagi, perlu dibahas serius," tandasnya.

Karena itu Pujianto memastikan akan mempelajari alasan pemkot mengusulkan penurunan target retribusi. “Semuanya harus dikaji secaar detail berdasarkan potensi ril di lapangan," katanya. Selain kajian, pemetaan potensi retribusi harus dilakukan secara detail. “Dengan memetakan potensi retribusi, kita bisa menentukan target yang sebenarnya dan tentu target retribusi yang realistis," pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita malang raya berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 berita kriminal remaja daftar pemain AREMA 2012 batu town square daftar pemain arema harta karun majapahit keris luk 13 pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang pilkada malang 2013 pelacuran di malang sampah anorganik karoseri adi putro arema kerajaan singosari suporter terbanyak di indonesia this is arema arema 2011-2012 penemuan benda pusaka Berita kriminal pemerkosaan nexian pad pengolahan limbah sampah limbah sampah cross ad 305 sendang kamulyan ahmad bustomi daun emas nexian PAD G311 meteor cell malang diknas malang tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs