Disnakertrans: Angka Pengangguran Turun

Minggu, 24 Juli 2011 - 17:25 WIB • Dibaca 355 kali

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Sesuai data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang, angka pengangguran di daerah itu mengalami penurunan cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Bupati Malang Rendra Kresna, Minggu mengaku, angka pengangguran tahun ini (2011) mengalami penurunan cukup signifikan. Jika pada tahun 2010 jumlah pengangguran di daerah itu mencapai 70 ribu lebih, tahun ini (2011) turun menjadi sekitar 49.000 orang.

Baca Juga

“Jumlah tersebut bisa bertambah atau berkurang, tergantung perbandingan jumlah antara lulusan dengan lapangan kerja yang tersedia,” kata mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang tersebut.

Ia mengakui, berbagai lapangan pekerjaan yang dibuka perusahaan, baik dilakukan secara internal maupun terbuka melalui “job market fair” (JMF) yang difasilitasi Disnakertrans masih belum mampu menampung warga Kabupaten Malang yang masih menganggur.

Rendra berharap, JMF yang digelar hampir setiap tahun dan dibukanya berbagai bidang usaha serta investasi di daerah itu secara bertahap akan mampu mengikis jumlah pengangguran.

Selain melalui JMF, katanya, untuk menurunkan angka pengangguran di daerah itu Disnakertrans setempat juga menyediakan informasi lowongan pekerjaan secara “online”.

“Bagi yang sulit mengakses, silahkan datang ke kantor Disnakertrans di Kepanjen, gratis kok,” ujar Rendra.

Sementara Kepala Disnakertrans Kabupaten Malang Djaka Ritamtama mengaku, setiap ada gelaran JMF selalu diserbu para pencari kerja dan perusahaan yang mengikuti JMF rata-rata sebanyak 32-40 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha.

Lowongan yang dibuka, katanya, jumlahnya juga tidak sedikit, rata-rata sampai 5.000 lowongan setiap tahun untuk berbagai sektor, diantaranya sektor industri, perbankan, ritel dan pertanian.

“Hanya saja, meski banyak lowongan yang dibuka oleh perusahaan, masih belum mampu menyelesaikan masalah pengangguran di daerah ini, karena jumlah lulusan tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja,” tegas Djaka.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs