Disnakersos Kota Malang Bentuk Tim Pemantau THR

Sabtu, 23 Juli 2011 - 21:07 WIB • Dibaca 210 kali

ILUSTRASI. Gambar: tempointeraktif

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Malang, Jawa Timur, dipastikan menurunkan tim pemantau pemberian tunjangan hari raya (THR) di perusahaan yang beroperasi di daerah itu.

Baca Juga

Kepala Disnakersos Kota Malang, Djalil, Sabtu, mengatakan, tim pemantau THR tersebut sudah dibentuk dan beranggotakan 10 orang. Sesuai agenda, tim pemantau THR di perusahaan-perusahaan itu mulai bekerja awal Agustus mendatang.

“Tim pemantau ini untuk melihat sejauh mana kesiapan perusahaan dalam menunaikan kewajibannya memberikan THR kepada karyawannya guna menekan angka pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan,” tegas Djalil.

Berkaca pada Lebaran 2010 lalu, katanya, masih ada sekitar 10 pengaduan terkait perusahaan yang memberikan THR tidak sesuai ketentuan, yakni satu kali gaji.

Untuk Lebaran tahun ini, tegasnya, pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi berat kepada perusahaan yang melakukan pelanggaran THR.

Mekanismenya, lanjut Djalil, perusahaan bersangkutan diberikan teguran dan diberi waktu hingga menjelang Lebaran. “Jika tidak, pasti Disnakersos langsung memberikan sanksi kepada perusahaan itu,” tegasnya.

Pelanggaran terkait pemberian THR perusahaan kepada karyawannya itu rata-rata dilakukan oleh perusahaan skala menengah ke bawah (kecil) dengan modal usaha tidak cukup besar, bahkan karyawan yang dimilikinya juga sedikit.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Christea Frisdiantara secara tegas meminta seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kota Malang untuk memberikan THR tepat waktu dan nominalnya juga sesuai ketentuan sebesar satu kali gaji.

“Tidak ada lasan bagi perusahaan untuk tidak memberikan THR, karena itu sudah menjadi kewajiban perusahaan. Kami tidak ingin kasus 2010 terulang kembali, ada beberapa perusahaan yang mangkir dari kewajibannya memberikan THR,” tegas politisi dari Partai Demokrat (PD) tersebut.

Dari sekitar 870 perusahaan besar kecil yang beroperasi di wilayah Kota Malang, tahun lalu (2010) sebanyak 10 perusahaan yang mengabaikan ketentuan pemberian THR bagi karyawannya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs