Satpol PP Se-Jatim Adakan Jambore

Selasa, 19 Juli 2011 - 19:43 WIB • Dibaca 294 kali

UPACARA PEMBUKAAN - Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf saat membuka Jambore Satpol PP ke IX , Selasa (19/7) di Taman Wisata Air Selorejo, Malang. Foto: beritajatim.com

NGANTANG, MALANGRAYA.info – Sebanyak 38 Kota dan Kabupaten di Jawa Timur mengirimkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengikuti Jambore, Selasa (19/7/2011) hari ini. Jambore Satpol PP ke IX itu, digelar di Taman Wisata Air Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Baca Juga

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf saat membuka jambore mengatakan, tujuan digelarnya jambore agar bisa menjadi inspirasi jika Satpol PP bukan musuh rakyat. Namun, sahabat bagi rakyat.

“Satpol PP itu bukan musuh rakyat. Tapi sahabat dari rakyat. Karena Satpol PP adalah bagian dari masyarakat,” ungkap Gus Ipul panggilan akrabnya, Wakil Gubernur Jatim itu.

Ditegaskan dia, Jambore Satpol PP sebagai langkah maju bagi perkembangan anggota penegak peraturan daerah (Perda). Dimana, Anggota Satpol PP adalah ujung tombak untuk menegakkan perda. Sehingga, harus mempunyai citra yang baik dimata masyarakat.

Gus Ipul menegaskan, ke depan satpol pp tidak boleh kaku dalam menegakkan aturan termasuk harus menggunakan pendekatan dengan cara humanis. Dalam menyelesaikan suatu persoalan, Satpol PP harus bisa bersikap elegan serta mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam melaksanakan tugasnya. Hal itu, sesuai dengan tema Jambore Satpol PP Ke IX. Yaitu, Sahabat Polisi Pamong Praja Sahabat Rakyat.

“Harus luwes dan mengedepankan musyawarah mufakat. Serta, menciptakan kenyamanan ditengah-tengah masyarakat,” terangnya.

Dikatakan Gus Ipul pula, dari hasil jambore nanti, dirinya berharap polisi pamong praja itu bisa meningkatkan kinerjannya dalam melanyani masyarakat dengan baik. “Sebagai penegak perda, satpol pp punya peranan penting sebagai ujung tombak. Mereka, harus bisa melayani dan menjadi pengayom masyarakat dalam menegakkan aturan berupa perda,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Satpol PP Pemprov Jatim sekaligus Panitia Jambore Satpol PP IX, Asyhar mengatakan, guna meningkatkan kinerja Anggota Satpol PP Se Jawa Timur, kegiatan jambore akan dilakukan rutin setiap tahunnya. Fokus jambore, mengutakan pada peningkatan tugas-tugasnya dalam menegekkan aturan berupa perda diwilayahnya masing-masing.

“Sapol PP berhadapan langsung dengan masyarakat. Mental yang bagus dan ketahanan fisiknya, juga harus bagus. Sehingga, fungsi satpol pp menegakkan perda bisa berjalan sempurna,” papar Asyhar jika jambore kali ini diikuti 500 satpol pp dari seluruh jatim.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs