Jelang Ramadan

Permintaan Sayuran Meningkat 10 Persen

Senin, 18 Juli 2011 - 09:09 WIB • Dibaca 229 kali

ILUSTRASI. Foto: antara

PUJON, MALANGRAYA.info – Permintaan sejumlah sayuran mendekati Ramadan di Terminal Agrobis Mantung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, diperkirakan meningkat hingga 10 persen dibanding hari biasa.

Baca Juga

Kepala Sub Terminal Agrobis Mantung Totok Purwanto Minggu mengatakan, kondisi meningkatnya permintaan sudah mulai terjadi dan terus berlanjut selama Ramadan hingga seminggu sebelum lebaran.

“Biasanya memang meningkat, namun saat ini masih stabil dan belum terjadi peningkatan, dan diperkirakan peningkatan itu mencapai 10 persen dibanding hari biasa,” katanya.

Permintaan sayuran, kata Totok, akan sepi saat memasuki awal Ramdhan, namun kembali meningkat ketika seminggu sebelum Lebaran. “Awal Ramadhan permintaan akan sepi, dan meningkat lagi seminggu sebelum Lebaran,” ucapnya.

Peningkatan itu, biasanya terjadi untuk jenis sayuran kentang, buncis serta kubis, meski demikian, Totok mengaku peningkatan itu tidak mempengaruhi harga sayuran.

“Walaupun ada peningkatan, harganya tetap stabil, hal ini berbeda dengan sembako seperti beras, gula dan lain sebagainya,” katanya.

Sementara itu, permintaan sayuran dari Terminal Agrobis Mantung ke sejumlah daerah dalam keadaan cuaca normal mencapai 5 hingga 6 truk kontainer dalam sehari, dan dikirim ke sejumlah daerah seperti Surabaya, Kalimantan dan Jakarta.

Sedangkan apabila cuaca kurang mendukung, permintaan pengiriman hanya dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu, dengan besaran antara 2 hingga 3 truk kontainer.

Sementara tingkat pasokan sayur di Mantung per harinya mencapai 75-100 ton, dan langsung dipasarkan untuk memperlancar arus distribusi dan meminimalisir sayur menjadi busuk.

Totok mengaku, meski nantinya terjadi peningkatan permintaan sayuran, namun pasokan sayuran di Terminal Mantung tidak akan mengalami kekurangan, sebab pasokan juga dibantu dari berbagai daerah seperti Blitar dan Trenggalek.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs