Kasus Yoga-Yogi

Diknas Kota Malang Siap Biayai Yoga-Yogi Sampai Lulus

Minggu, 17 Juli 2011 - 19:31 WIB • Dibaca 225 kali

Foto: antara

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Acungan jempol ditunjukkan Kepala Pendidikan Nasional (Kadiknas) Kota Malang, Sri Wahyuningsih. Kabar yang di terima beritajatim.com, Minggu (17/7/2011) siang ini, Kadiknas Kota Malang itu akan menanggung seluruh biaya dua siswa kembar Yoga Prakoso dan Yogi Prakoso yang dikeluarkan dari SDN Sitirejo IV, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang akibat kekritisan Ibu Kandungnya, Lilis Setyowati.

Baca Juga

Sekedar diketahui, usai di keluarkan dari sekolah lamannya, Yoga dan Yogi sampai berita ini ditulis masih menyimpan rasa trauma dan ketakutan yang tinggi pada bangku sekolah. Setelah dibujuk sejumlah pihak, Yoga dan Yogi akhirnya bersedia sekolah lagi. Dan sekolah baru yang nantinya akan dijadikan dua siswa kembar berumur 8 tahun itu untuk mendapatkan pendidikan adalah SDN Sukun II, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Disekolah barunya itu, Yoga dan Yogi atas jaminan Kadiknas Kota Malang, dibebaskan dari segala macam biaya alias gratis..tis sampai Yoga dan Yogi lulus dari SDN Sukun II. Tak hanya itu, Kadiknas Kota Malang juga membelikan seluruh buku dan juga seragam sekolah bagi siswa kembar. Digratiskannya seluruh biaya atas tanggungan Kadiknas, dibenarkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha UPT Pendidikan Dasar, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Dra.Chusniah, Msi.

Pada beritajatim.com, Minggu (17/7/2011) siang ini, Chusniah mengatakan jika Yoga dan Yogi akan dibebaskan dari segala macam pembayaran. Dua siswa kembar itu selama sekolah menjadi tanggungan Kadiknas sampai keduanya lulus dari SDN Sukun II. “Benar mas. Yoga dan Yogi memang akan sekolah di SDN Sukun II. Kadiknas yang menjamin. Semua biaya ditanggung sampai lulus,” ungkapnya.

Chusniah menegaskan, pihaknya sudah menerima konfirmasi langsung dari Kadiknas. Bahwa, Yoga dan Yogi akan dicarikan sekolah. Karena asal orang tua Yoga dan Yogi berada di Jalan Parkit Utara No.12, Kecamatan Sukun, Kota Malang, pilihan terbaik bagi Yoga dan Yogi adalah bersekolah di SDN Sukun II.

Selain dekat dengan rumahnya, nenek Yoga dan Yogi juga asli SUkun. Sehingga, bisa menjadi tempat baru yang cukup nyaman bagi perkembangan jiwa dan psikis Yoga dan Yogi yang kini masih mengalami trauma. “Kami sudah komunikasi dengan Kadiknas dan Kasek SDN Sukun II. Besok, seluruh proses perpindahan Yoga dan Yogi akan kami handel,” ucapnya.

Menurut Chusniah, tak mudah membujuk Yoga dan Yogi bersekolah lagi. Mengingat, usai di kontak Kadiknas, dirinya langsung turun tangan mendatangi orang tua Yoga dan Yogi tiga hari lalu. Pada saat itu, sangat sulit meyakinkan Yoga dan Yogi. Dari pengamatannya, Yoga dan Yogi masih merasakan trauma dan ketakutan sangat besar.

“Besok kita urus administrasi perpindahan dia. Terpenting adalah, menghapus nomer induk siswa Yoga dan Yogi dari Kabupaten menuju Kota Malang. Paling lambat, Selasa lusa dia akan sekolah lagi dan melanjutkan ke kelas dua,” pungkasnya.

Menanggapi dibebaskannya seluruh biaya bagi Yoga dan Yogi sampai lulus, Ibu Kandung dua saudara kembar itu pun sempat menitikkan air mata. “Kami bersyukur ada sekolah lain yang menerima dua putra kembarnya saja,” ucap Lilis Setyowati, Ibu Kandung Yoga dan Yogi sembari terisak.

Dikatakan dia, dirinya sempat putus asa karena Yoga dan Yogi menolak untuk sekolah lagi. Bahkan, keluargannya harus membujuk dengan berbagai macam cara agar Yoga dan Yogi mau sekolah. Beruntung dia masih mau meski sering ketakutan kalau lihat orang yang seragamnnya seperti guru.

“Kami bujuk bersama Dinkas dari Kota dan LSM LIRA agar mau sekolah lagi. Alhamdulillah. Anak saya diterima dan digratiskan sampai lulus,” kata Lilis haru.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
diknas malang kota berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs