Warga Temukan Batu Mengandung Emas

Sabtu, 16 Juli 2011 - 16:22 WIB • Dibaca 9,380 kali

MENGANDUNG EMAS - Indra Azwan (52) menunjukkan batu yang diduga mengandung emas. Foto: detik

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Bongkahan batu diduga mengandung logam mulia ditemukan Indra Azwan (52) di lereng Gunung Semeru. Secara tak sengaja warga Jalan Genok Watu Barat Gang II Kota Malang, ini menemukan bebatuan itu saat melakukan observasi lokasi berburu babi hutan awal Juni 2011 lalu.

Baca Juga

Saat ditemui detiksurabaya.com di rumahnya, Sabtu (16/7/2011) siang, Indra menuturkan, observasi dirinya bersama tiga rekannya mengendarai motor hingga desa terakhir menuju Gunung Semeru di kawasan Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Dia kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki selama tiga hari menyusuri lebatnya hutan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

“Saat kami istirahat di pinggir sungai kecil, melihat bebatuan di tebing-tebing membatasi aliran sungai mengeluarkan warna kemilau. Karena penasaran kami mencoba mendekati dan mengambilnya untuk dibawa pulang,” tuturnya.

Sesampainya di kampung halaman, seperti keyakinannya banyak yang mempercayai bongkahan batu itu mengandung emas, karena mengeluarkan warna kuning. “Banyak yang yakin batu itu emas, kemudian saya bawa ke Jakarta untuk diteliti,” ujarnya.

Secara tak sengaja di ibukota Indra bertemu dengan peneliti dari PT Aneka Tambang yang juga memastikan batu yang dimiliknya mengandung emas.

Mendengar bebatuan yang ditemukan mengandung emas, Indra memutuskan kembali ke lokasi dengan beberapa rekannya, guna mengambil sampel lebih banyak lagi.

“Kami kemudian kembali lagi mengambil sekitar satu tas plastik penuh dan mendokumentasikan observasi itu,” ceritanya.

Dia mengungkapkan, lokasi bebatuan itu sangat jauh dari pemukiman dan nyaris tak tersentuh oleh orang sebelumnya. Bahkan, dirinya melihat bebatuan itu ada di tujuh bukit menjulang tinggi di kawasan lereng Gunung Semeru.

“Masih alami seperti belum tersentuh orang, kami melihat ada bebatuan itu ada di tujuh bukit,” katanya.

Sampai kini belum satupun pihak terkait menghampiri Indra untuk memastikan hasil temuannya itu. Meski demikian, Indra pernah meminta keadilan atas kematian anaknya ke Presiden Susilo Bambang Yudhyono ini tetap merahasiakan lokasi penemuan batu itu.

“Akan saya rahasiakan, jika belum negara yang turun tangan,” tandasnya.

Sementara Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) yang mengelola kawasan itu tak pernah mengetahui adanya kandungan logam berharga di wilayahnya.

“Kami tidak tahu soal itu, kalau memang benar harus ada pembuktian dulu benar tidaknya,” kata Humas BB TNBTS Nova Elina saat dikonfirmasi terpisah.

Menurutnya, sesuai aturan yang diberlakukan masyarakat harus ikut melindungi konservasi di kawasan itu, hingga tidak diperbolehkan merusak ataupun mengambilnya. Tindakan Indra sangat disayangkan oleh pihaknya yang membawa bebatuan dari wilayahnya.

“Harusnya tidak boleh, karena kawasan itu dilindungi,” paparnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : detik
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
  • http://www.facebook.com/ibrohim.asmorokondhi Katokkolorkotorkomborkomprang

    lha..lha……lha, laopo lho cak nyampe ke mana-menong, olah sendiri untuk perkuat arema & aremania kan wis “sereb”…….lha wong kënë aë sik compang-campieng-campoeng, koq !!!!

x close
batu emas jenis jenis batu mengandung emas Gambar batu mengandung emas warna batu yang mengandung emas batu mengandung emas Bongkahan batu emas gambar batu emas batu mengandung emas murni batu yang mengandung emas jenis batu yang mengandung emas batu emas murni penemuan batu akik di malang gambar Bongkahan emas batu masragem batu mengandung logam mulia gunung yang mengandung emas batu bongkahan emas Bongkahan batu mengandung emas tambang batu akik di malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs