Banyak Rumah Tanpa IMB di Kota Malang

Jumat, 15 Juli 2011 - 14:38 WIB • Dibaca 374 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Dalam beberapa bulan terakhir ini, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang, banyak ditemukan rumah yang ada di komplek perumahan di wilayah Kota Malang tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Temuan kami, di Kota Malang, banyak sekali bermunculan pengembang perumahan tak punya IMB. Karenanya, para pengembang perumahan yang belum mengurus IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) dihimbau untuk segera mengurus persyaratan administrasi tersebut,” pinta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang, Diana Ina Wahyu Hidayati, Jumat (15/07/2011).

Baca Juga

Menurut Diana, pihaknya sudah banyak menemukan pengembang yang sudah membangun sekitar delapan rumah bahkan lebih tetapi belum mengurus IMB. “Hal ini tentunya sudah jelas menyalahi peraturan yang ada. Kalau total pastinya, saya tak bisa menyebutkan. Tetapi, saat ini hanya bisa memberikan peringatan dan himbauan,” tegasnya.

Namun jelasnya, pihaknya tidak bisa memberikan tindak pidana ringan (tipiring) pada pengembang 'nakal' tersebut. Hingga saat ini tidak bisa memberikan tipiring karena perda yang dimiliki oleh Pemkot Malang, yaitu Perda No 1 tahun 2004 tentang penyelenggaraan bangunan tidak sesuai dengan KUHAP dan harus direvisi.

“Perda tersebut akan diajukan ke DPRD kota Malang. Jadi kita masih menunggu hasil revisinya. Namun, Satpol PP akan terus berusaha untuk memantau para pengembang nakal dan berjanji akan menindak tegas jika himbauannya tidak diperhatikan,” katanya.

Diana berharap semoga rencana revisi perda itu sesuai dengan yang direncanakan cepat bisa selesaikan oleh dewan. Dalam konteks ini, Diana juga menghimbau agar masyarakat jeli saat akan membeli rumah di perumahan.

“Sebelum membeli rumah di perumahan, hendaknya juga menanyakan tentang IMB-nya. Jika mereka tidak bisa menunjukkan ijinnya, hendaknya jangan membeli rumah di lokasi itu,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
rumah tanpa imb berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs