Pemkot Malang Akan Bangun Asrama Pendidikan

Jumat, 15 Juli 2011 - 10:25 WIB • Dibaca 208 kali

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Pemerintah kota (Pemkot) Malang kini tengah mengupayakan pembangunan asrama pendidikan bagi siswa-siswi sekolah menangah.

Asisten I Sekkota Malang Sugiharto, Kamis, mengemukakan, saat ini Sekkota M Sofwan sedang berada di Jakarta untuk memperjuangkan anggaran bagi pembangunan asrama pendidikan dan sekolah autis.

Baca Juga

“Mudah-mudahan saja bisa gol sehingga nantinya ada keselarasan pendidikan terpadu seperti yang telah dilakukan oleh Sampoerna Academy di SMAN 10,” kata Sugiharto disela-sela “Sampoerna Academy Inauguration” di SMAN 10 Malang, kemarin.

Lebih lanjut Sugiharto mengatakan, asrama pendidikan dan sekolah autis tersebut rencananya dibangun di kawasan Tlogowaru yang berdekatan dengan sekolah model (internasional) dan asrama Sampoerna Academy serta kampus II SMAN 10 Malang.

Ia mengakui, pemkot setempat telah mengajukan anggaran untuk dana pendamping pembangunan asrama pendidikan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) 2011.”Dananya sudah ada dan kami juga sudah mengajukan lewat PAK,” tegasnya.

Hanya saja, katanya, nominal anggaran (dana) pendamping dari APBD 2011 tersebut belum bisa dipastikan, sebab masih menunggu bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Sementara itu Managing Director Putra Sampoerna Foundation Nenny Soemawinata mengatakan, pihaknya terus mencari solusi dan upaya agar lulusan SMA dari Sampoerna Academy bisa tetap melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Kami terus berusaha mencari upaya dengan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Amerika guna membantu para lulusan Sampoerna Academy. Hanya saja bantuan pembiayaan pendidikan itu tidak lagi 100 persen gratis, namun bergulir,” ujarnya.

Siswa-siswi lulusan Sampoerna Academy yang melanjutkan pendidikan tinggi termasuk yang universitas di Amerika, katanya, mereka bisa pinjam dana di koperasi “Siswa Bangsa”, karena mereka sudah dewasa dan sudah mampu mencari penghasilan.

“Sehingga siswa-siswi lulusan Sampoerna Academy tidak perlu khawatir tidak bisa melanjutkan pendidikan tingginya, bahkan kalau mereka ingin kembali ke masyarakat (bekerja) juga ada bantuan untuk wirausaha,” katanya menambahkan.

Siswa yang diterima di SMAN 10 Malang dari jalur Sampoerna Academy sebanyak 150 siswa dan tahun ini (2011) merupakan tahun ketiga. Siswa Sampoerna Academy tersebut dibebaskan dari seluruh biaya sekolah dan disediakan asrama termasuk biaya hidup sehari-hari.

Selain di Kota Malang, Sampoerna Academy juga ada di palembang dan tahun ini rencananya juga dibuka di Bogor dan Bali. Total siswa yang telah direkrut Sampaoerna Academy hingga tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 993 siswa.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
jabat tangan berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs