Ternyata, Bensin Lebih Berbahaya dari Solar

Kamis, 14 Juli 2011 - 19:12 WIB • Dibaca 1,423 kali

ILUSTRASI - Uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Foto: antara

SINGOSARI, MALANGRAYA.info – Uji emisi terhadap sejumlah kendaraan di Kabupaten Malang, Kamis (14/7/2011) siang ini menemukan banyak fakta. Dimana, bahan bakar bensin ternyata lebih berbahaya dari solar. Bensin, tingkatan racun dalam emisinya, tidak bisa terurai dengan alam sekitar. Hal itu berbeda dengan solar.

Baca Juga

Data jika bensin lebih berbahaya dari solar di ungkapkan langsung Kepala Teknik Uji Rancang Bangun Dinas Lalu-Lintas Angkutan Jalan, Pemprov Jatim, Benu Prijantoko, Kamis (14/7/2011) siang saat menggelar uji emisi di Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Menurut Benu, guna mengetahui tingkat standarisasi gas buang dari kendaraan bermotor menggunakan bensin dan solar. Dua bahan bakar itu kata Benu, gas buang bensin sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Lebih dari itu, bensin tidak bisa mengurai dengan alam dari sisa pembakaran. Berbeda dengan solar karena solar, bisa mengurai sisa pembakaran. Sehingga, tingkat racun dari dua bahan bakar itu, masih minim solar. “Ini sebagai data saja. Kami hanya bertugas melakukan uji emisi pada seratus kendaraan roda empat,” terang Benu.

Dia menambahkan, standar dari gas buang seperti karbon dioksida maksimal 4,5 partikel per meter. Sedang standar hidro carbonnya, tidak lebih dari 1.500 partikel per meter.

Sementara itu, ditempat yang sama Staf Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Badan Lingkungan Hidup, Pemprov Jatim, Ainul Huri menuturkan, kegiatan uji emisi guna mengetahui tingkat polusi udara dari gas buang kendaraan bermotor.

Dikatakan Huri, bertambahnya kendaraan di Kabupaten Malang, otomatis menambah pencemaran udara. Hal itu karena adanya gas karbon dioksida (CO2) dan hidro karbon (HC) yang dikeluarkan kendaraan bermotor. Dengan pengujian emisi ini, dikhawatikan terjadi kerusakan lingkungan.

“Kita lihat seberapa tinggi tingkat pencemaran udara lewat uji emisi. Apalagi, hari ini masuk rangkaian hari lingkungan hidup sedunia. Dengan menggelar uji emisi, bisa dilihat tingkat polusi udaranya,” papar Huri.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
mengapa bensin dan solar berbahaya bagi kesehatan tubuh bahaya solar polusi udara di kota malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs