Tambah UPT Hanya Pemborosan?

Kamis, 14 Juli 2011 - 17:19 WIB • Dibaca 59 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Penambahan 4 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang diusulkan lembaga eksekutif (Pemkab Malang), akhirnya mendapat respon legislatif. Saat Rapat Pansus DPRD Kabupaten Malang digelar, Kamis (14/7/2011) siang ini, dewan pun mengabulkan 3 dari 4 UPT yang diusulkan Pemkab Malang.

Ketiga UPT baru yang akan disahkan nanti adalah UPT Perijinan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta UPT Perijinan. Satu dari UPT yang ditolak yakni UPT Korpri. Dengan tambahan UPT itu, jelas ada banyak UPT di Kabupaten Malang. Dimana hal ini, berdampak besar pada alokasi anggaran. Saat ini, 60 persen APBD Pemkab Malang untuk birokrasi. Masuknya 3 UPT Baru jelas akan menambah cost anggaran yang jumlahnya makin gendut.

Baca Juga

Menanggapi tiga UPT baru yang dikabulkan dewan, Direktur Executive Politic, Policy And Developmend (POLLDEV) Malang Raya, Zia Ulhaq mengaku jika ada upaya pengakomodirin orang-orang pemegang kekuasaan untuk masuk pada UPT baru. Karena UPT lama dianggap penuh sesak, alternatifnya adalah eksekutif membuat UPT baru.

Zia menegaskan, sebelum tiga UPT baru muncul, harus ada telaah dan kajian secara akademis. Meskipun Undang-Undang mensahkan tentang usulan atau membuat UPT baru, fungsi telaah yakni, untuk melihat seberapa pentingnya UPT baru. “Penting tidak sah UPT baru bagi masyarakat. Lebih dari itu, telaah akademis sangat dibutuhkan. Dimana, seluruh aspek akan dikaji. Termasuk apakah anggaran untuk membuat tiga UPT itu mencukupi,” terangnya.

Dijelaskan Zia lebih jauh, sepanjang tiga UPT baru itu dibutuhkan masyarakat, bisa saja terwujud. Namun, resensi dibuatnya tiga UPT baru itu harus jelas untuk kepentingan publik. Telaah, dilakukan guna melihat cost biaya anggaran pula. Kalau tidak cukup dan malah mengorbankan kesejahteraan masyarakat, untuk apa ditambah lagi. Sebab UPT yang ada saat ini, terlalu banyak dan belum dikerjakan maksimal.

“Kalau kemudian dewan menyetujui usulan eksekutif, bisa jadi itu adalah respon politik. Terpenting adalah, dampak penambahan UPT berpengaruh terhadap tingginya anggaran,” urai Zia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs