Tiga UPT Disetujui Dewan, Anggaran Pun Membengkak

Kamis, 14 Juli 2011 - 16:55 WIB • Dibaca 70 kali

KEPANJEN, MALANGRAYA.info -Usulan lembaga executive (Pemkab Malang) untuk menambah 4 Unit Pelaksana Teknis (UPT) daerahnya gayung bersambut. Meksi belum disahkan, data yang dihimpun beritajatim.com, Kamis (14/7/2011) siang saat Pansus DPRD Kabupaten Malang digelar membahas Raperda Perubahan No 1 Tahun 2008 tentang penambahan 4 UPT hanya tiga saja yang dianggap sesuai lembaga legislatif.

Ketiga UPT yang akan menambah gemuknya anggaran untuk birokrasi Pemkab Malang itu adalah UPT Rumah Sakit Lawang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta UPT Perijinan. Dari tiga UPT tersebut, satu UPT tidak mendapatkan porsi dari legislative. Yakni, UPT Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia).

Baca Juga

Menurut Anggota Pansus DPRD, Susianto pada beritajatim.com sebelum Pansus digelar, hari ini memang pansus akan menyamakan persepsi dulu. Kalau memang 4 UPT sifatnya urgen, bisa saja disetujui. Namun, melihat gemuknya UPT saat ini, ada baiknya memaksimalkan UPT yang sudah ada lebih dulu.

Sementara itu, Direktur Executive POLLDEV (Politics, Policy And Developmend) Malang Raya, Zia Ulhaq mengatakan, sebelum legislative menyetujuinya, seharusnya ada evaluasi dulu kinerja UPT-UPT yang sudah ada di Kabupaten Malang.

Jangan hanya menyetujui UPT baru tanpa diiringi dengan kinerja yang baik. Pasalnya, anggaran untuk membuat UPT baru yang disetujui sangat besar. “Harus ada evaluasi dulu. Jangan kemudian asal menambah UPT. Karena dengan persetujuan itu, dampaknya sangat besar bagi anggaran,” terangnya.

Zia menambahkan, ditambahnya tiga UPT baru ditengah-tengah gemuknya UPT Kabupaten Malang, sarat muatan politis dan kepentingan. Pihaknya mencium usulan penambahan UPT, guna mengakomodir sejumlah orang yang tidak punya kedudukan.

“Ada upaya mengakomodir jabatan orang-orang tertentu. Ini tidak boleh terjadi. Karena penambahan UPT, paling tidak harus ada kajian serta telaah akademisi lebih dulu,” pungkas Zia dimana 60 persen APBD untuk birokrasi Pemkab Malang saat ini, makin gendut saja.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs