Kades Perempuan Pertama Malang Selatan Dilantik

Kamis, 14 Juli 2011 - 10:56 WIB • Dibaca 1,674 kali

GEDANGAN, MALANGRAYA.info – Sejarah kepemimpinan seorang Kepala Desa (Kades) muncul di pesisir Malang Selatan. Untuk pertama kalinya, Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang dipimpin seorang perempuan.

Hebatnya, kades bernama Liana (45) ini, terpilih setelah menyingkirkan tiga pesaingnya yang mayoritas adalah laki-laki. Kehebatan Liana lainya juga akan diuji setelah dilantik menjadi Kades Rabu (13/7/2011) sore kemarin hingga 2017 mendatang, oleh Bupati Malang, Rendra Kresna. Pasalnya, 10.420 warga ditempat itu mayoritas adalah suku Madura dengan bahasa sehari-harinya khas pulau garam.

Baca Juga

Sekilas tentang Liana adalah, Ibu tiga orang anak. Satu dari tiga anaknya, kini menempuh pendidikan agama di Ponpes Putri Gontor, Ponorogo. Liana juga hanya lulusan SMA. Namun, pilihan untuk terjun menjadi Kades tak lain berkat campur tangan suaminya, H.Sayudi. Sayudi adalah mantan kades yang posisinya, digantikan oleh istrinya sendiri.

Terkenal sebagai penceramah dan mubaligh, Sayudi menyerahkan tongkat kepemimpinan pada istrinya setelah 16 tahun menjadi Kades Gedangan. Sayudi juga dikenal dekat dengan warga. Dan terpilihnya Liana, karena kebersahajaan suaminya sebagai kades hingga mengantarkannya jadi pemimpin desa.

“Kades baru harus membaur dengan masyarakat. Kades juga harus memahami undang-undang baik tingkat daerah maupun nasional,” tegas Rendra saat melantik Liana, Rabu (13/7/2011) di Balai Desa Gedangan.

Rendra mengatakan, di era modern seperti ini, perbedaan gender harus dihapuskan. Emansipasi wanita, harus ditingkatkan demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. “Kami akan meneruskan perjuangan kades yang dulu. Kami juga siap dikritik dan berilah kami masukan dan saran demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat gedangan,” ucap Liana singkat.

Usai menandatangani serah terima jabatan, Liana sudah mencatatkan sejarah. Dari 5 kades terdahulu sejak tahun 1943, Kades Gedangan adalah kaum adam. Memimpin mayoritas warga madura dengan tipikal keras, tegas dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, kepemimpinan Liana segera dimulai.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
logo kabupaten malang LOGO KAB MALANG logo kota malang lambang kabupaten malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs