Warga Kota Malang Segera Nikmati E-KTP

Kamis, 14 Juli 2011 - 08:42 WIB • Dibaca 372 kali

ILUSTRASI - E-KTP. Foto: tribunnews

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Warga Kota Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat ini akan segera menikmati program KTP elektronik (E-KTP) yang menjadi program nasional.

Baca Juga

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang Rahman Nurmala, Rabu, mengatakan, kemungkinan besar E-KTP di di daerah ini mulai direalisasikan awal Agustus mendatang.

“Saat ini kami masih melakukan berbagai persiapan termasuk bimbingan teknis (bimtek) bagi 100 orang yang akan ditugaskan secara khusus untuk menangani program E-KTP tersebut,” kata Rahman menambahkan.

Ia mengemukakan, untuk merealisasikan program E-KTP bulan depan itu dibutuhkan anggaran sekitar Rp24 miliar. Anggaran tersebut berasal dari APBN serta dana pendamping dari APBD Kota Malang yang diajukan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) 2011 sebesar Rp1,7 miliar.

Ia menjelaskan, dana yang bersumber dari APBN,katanya, akan digunakan untuk pengadaan blanko E-KTP, jaringan, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) serta chip. Sedangkan dari APBD digunakan untuk biaya operasional pelaksanaan E-KTP.

Menyinggung SDM yang menjadi operator E-KTP, Rahman mengatakan, saat ini sedang digodok melalui program bimtek. Petugas yang mengikuti bimtek itu nantinya disebar di 5 kecamatan yang ada di Kota Malang.

Setiap warga yang sudah wajib KTP, lanjutnya, akan diundang untuk datang dan mengurus E-KTP di kecamatan masing-masing dan warga yang mendapat undangan juga wajib datang. Sebab, kalau tidak datang, maka yang bersangkutan harus menunggu satu tahun lagi untuk mengurus E-KTP-nya, itupun dengan biaya sendiri.

Khusus untuk WNA, katanya, pengurusan E-KPT-nya tidak di kecamatan, melaninkan langsung di kantor Dispendukcapil, karena ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi.

Untuk mendukung pelaksanaan E-KTP tersebut Dispendukcapil mendapat bantuan 8 alat dari pemerintah pusat, sehingga nantinya Kota Malang akan memiliki sebanyak 46. Setiap alat diperkirakan mampu menyelesaikan 15 ribu E-KTP setiap hari.

Dari total jumlah penduduk Kota Malang sekitar 850 ribu, yang wajib ber-KTP mencapai 64 ribu orang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
jumlah penduduk kota malang 2011 berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs