Derita TKW

Kontrak Habis, Zainab Ditahan Majikan di Arab Saudi

Rabu, 13 Juli 2011 - 08:14 WIB • Dibaca 87 kali

BANTUR, MALANGRAYA.info – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakretrans) Kabupaten Malang terus mengupayakan pemulangan Zainab, tenaga kerja wanita (TKW) yang kini masih berada di Arab Saudi, meski kontrak kerjanya sudah berakhir April lalu.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Malang Jaka Ritamtama, Selasa (12/7/2011) mengatakan, pihaknya akan meminta bantuan ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk memulangkan Zainab (37), TKW asal Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Baca Juga

“Surat permohonan itu akan kami kirimkan ke Kemenlu setelah ada pertemuan dengan PT Youmba Biba Abadi dan keluarga Zainab dalam waktu dekat ini. Kami berharap, permohonan bantuan agar Zainab segera dipulangkan ke Tanah Air dikabulkan," ucap Jaka, menambahkan.

Sebenarnya, menurut dia, pihaknya sudah meminta perusahaan yang mengirimkan Zainab, yakni PT Youmba Biba Abadi untuk memulangkan Zainab. Namun, perusahaan tersebut beralasan jika majikan Zainab masih menginginkan dia bekerja di toko jahit miliknya.

Sesuai aturan, lanjutnya, seharusnya ada perpanjangan kontrak kerja, sebab kontrak kerja Zainab sudah berakhir. Dalam UU Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja juga secara tegas disebutkan, TKI wajib dipulangkan jika kontrak kerjanya habis.

Belum lama ini keluarga Zainab mengadu ke Disnakertrans Kabupaten Malang. Keluarga Zainab mengaku jika Zainab dianiaya oleh majikannya ketika menyampaikan keinginannya untuk pulang ke Tanah Air.

“Dari hasil komunikasi dengan Zainab melalui telepon, keluarganya mengaku kalau Zainab dianiaya oleh majikannya di Arab Saudi ketika dia ingin pulang ke Indonesia karena masa kontraknya sudah habis," paparnya, menambahkan.

Majikan Zainab bersikukuh tetap mempertahankan Zainab karena masih membutuhkan tenaganya. Dan, majikan Zainab berjanji akan memulangkan TKW asal Bantur itu usai Lebaran atau sekitar September mendatang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : surya
  • Dipublikasikan : Joni Wijaya
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs