Demo Buruh BMI Cabang Malang

Tuntutan Belum Dipenuhi, Ribuan Buruh BMI Kembali Demo

Selasa, 12 Juli 2011 - 13:16 WIB • Dibaca 277 kali

Foto: detikSuarabaya

SURABAYA, MALANGRAYA.info – Untuk kedua kalinya, 1.000-an buruh dari PT Bumi Menara Internusa (BMI) cabang Dampit-Malang berdemo di kantor BMI pusat di kawasan pergudangan Margomulyo. Tuntutan mereka tetap sama yakni pembayaran uang gaji sebulan dan uang pesangon sesuai undang-undang.

Baca Juga

“Pada demo sebelumnya, kami sudah bertemu dengan pihak management. Tetapi hasilnya tidak memuaskan, sehingga kami datang ke sini lagi,” kata Wakil Ketua Pengurus Unit Kerja, Arif Ardiyanto kepada wartawan di lokasi, Selasa (12/7/2011).

Hal yang membuat para karyawan tidak puas adalah PT BMI hanya memberikan kompensasi 0,53 persen plus Rp 1,5 juta dari ketentuan UU No 13 tahun 2003. Kompensasi tersebut sangat bertentangan dengan undang-undang. Karena di dalam UU perusahaan harus memberikan kompensasi dua kali.

“Perusahaan harus memberikan kompensasi dua kali apabila tidak pailit dan satu kali apabila pailit, jika mengacu undang-undang. Alasan merugi yang dikatakan BMI adalah alasan yang dibuat-buat. Karena perusahaan adalah perusahaan besar yang mempunyai banyak cabang di luar Jawa,” tambah Arif.

Karena itu bila tuntutan karyawan hari ini tidak dipenuhi, maka buruh mengancam akan bertahan di depan pabrik hingga seminggu ke depan.

Dari pantuan detiksurabaya.com hingga pukul 09.30 WIB, tidak ada kegiatan yang dilakukan buruh. Mereka hanya duduk saja di sepanjang jalan menuju ke PT BMI. Sementara ratusan petugas dari Polrestabes Surabaya dan Polsek Tandes berjaga di sekitar lokasi.

Demo yang dilakukan buruh PT BMI cabang Dampit-Malang dipicu karena PHK massal yang dilakukan per tanggal 6 Juni 2011. PT BMI cabang Dampit-Malang mem-PHK lebih dari 1000 karyawan dengan alasan mengalami kerugian berturut-turut hingga 2 tahun.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
profil pt bumi menara internusa berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs