Harga Ikan Laut di Malang Terjun Bebas

Senin, 11 Juli 2011 - 10:44 WIB • Dibaca 286 kali

ILUSTRASI. Foto: detik

SUMBERMANJING WETAN, MALANGRAYA.info – Banyaknya stock ikan laut menyusul masa panen bagi nelayan berdampak pada penurunan harga ikan di pasaran. Kondisi ini hampir terjadi di seluruh daerah di Jawa Timur.

Baca Juga

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang Endang Retnowati mengatakan, harga ikan menurun dikarenakan melimpahnya jumlah tangkapan para nelayan.

Seperti harga jenis ikan Layang yang dijual di pasaran seharga Rp 5 ribu per kgnya. Di Pantai Prigi Tulungagung, harga ikan jenis ini melorot dratis hingga sebesar Rp 1.500 sampai Rp 2.000 per kignya.

“Di semua tempat harga ikan jatuh, bukan Sendangbiru saja sebagai sentra tangkapan ikan di Kabupaten Malang,” ujar Endang saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Minggu (10/7/2011).

Dia menambahkan, jatuhnya harga ikan ini juga terjadi pada jenis lain diantaranya babi tuna, cakalang, tuna serta marlin. Untuk mengatasi masalah ini, nelayan harus mempunyai alat pendingin untuk menyimpan hasil tangkapan.

Selama ini nelayan Pantai Sendangbiru langsung membawa hasil tangkapan mereka ke pasaran, karena belum memiliki alat penyimpanan. “Alat itu yang menjadi kendala di Sendangbiru dan harganya mahal, nelayan harus menggandeng pihak swasta, karena pemda tak mampu memfasilitasinya,” bebernya.

Menurutnya, kurang lengkapnya infratruktur di pantai berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, itu menjadikan petani harus rela menjual hasil tangkapan tanpa memikirkan keuntungan.

“Kalau ada alat pendingin, nelayan bisa menyimpan stock tangkapan. Harga di pasaran bisa stabil,” ujarnya. Pihaknya sendiri akan berupaya mengembalikan harga ikan di pasaran, agar nelayan bisa mendapatkan keuntungan meski stock hasil tangkapan melimpah.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
ikan berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs