Jelang Pilkada Kota Batu 2012

KPU Kota Batu Anggarkan Rp10 M Lebih

Jumat, 1 Juli 2011 - 08:37 WIB • Dibaca 170 kali

Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – KPU Kota Batu menganggarkan kebutuhan Pemilukada tahun 2012 mendatang, sebesar Rp 10,195 M. Anggaran tersebut digunakan untuk menggelar Pilkada dalam dua kali putaran. Rencana Kebutuhan Belanja (RKB) pun, telah diserahkan KPU kepada Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, pekan lalu.

Baca Juga

Dalam penyerahan RKB di Balai Kota Batu, itu hadir Ketua KPU Kota Batu Bagyo Prasasti Prasetyo didampingi Supriyanto, Ashar Chilmi, dan Rochani selaku anggota. Sekretaris KPU Titok Wisabahadi dan Kasubag Umum Prabowo, juga turut hadir.
Ketika mereima RKB, wali kota didampingi oleh Inspektor Chairul Tartilla, Asisten Pemerintahan Arief Setyawan dan Kabag Keuangan Juliana.

"RKB tersebut sudah dikonsultasikan dengan BPKP Jawa Timur, agar sesuai dengan ketentuan Permendagri 57/2010, peraturan KPU dan ketentuan lainnya. Jadi semuanya tidak menyimpang dari perundang-undangan," ungkap Bagyo.

Dia berharap, Pemkot memfasilitasi pelaksanaan Pemilukada 2012 dengan menyediakan anggaran. Sesuai peraturan, anggaran pelaksanaan Pemilukada dibiayai oleh APBD setempat dalam bentuk dana hibah ke KPU. Makanya KPU harus mengajukan RKB kepada wali kota, sehingga kebutuhan belanja akan diketahui.

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengatakan, menjelaskan pengajuan KPU akan dibahas oleh Tim Anggaran dalam penyusunan RAPBD tahun anggaran 2012. Kemudian, anggaran itu diajukan ke dewan untuk mendapatkan pembiayaan melalui APBD.

Pemkot sendiri telah mengalokasikan dana cadangan Pemilukada, sebesar Rp 3 M dalam APBD 2011 ini. Dana tersebut masih berpeluang bertambah dalam PAK APBD dengan besaran antara Rp 1 hingga Rp 2 M.

"Kami mengajukan anggaran lewat PAK, agar beban dalam APBD 2012 tidak terlalu tinggi. Anggaran Pemilukada tidak hanya digunakan untuk KPU, tetapi dana cadangan pengamanan dari Polres dan Kodim, dan anggaran lain serta Panwaslu," tandasnya.

Eddy juga berharap, KPU bisa mengedepankan kepentingan masyarakat dalam pelaksanaan Pemilukada nanti. Dalam pelaksanaan sosialisasi, semua bisa diformat, utamanya melalui pendekatan seni dan budaya yang ada di kota ini.

“Pemilukada itu merupakan pesta demokrasinya rakyat. Mereka harus dilibatkan secara aktif untuk berpartisipasi. Partisipasi pemilih Kota Batu yang tinggi, juga harus terjaga," tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs