Jelang Pilkada Kota Batu 2012

Pendaftaran Calon Independen Diumumkan Agustus 2011

Senin, 6 Juni 2011 - 09:27 WIB • Dibaca 160 kali

JUNREJO, MALANGRAYA.info – KPU Kota Batu akan mengumumkan secara resmi pendaftaran calon independen Pemilukada, Agustus 2011 nanti. Pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota independen lebih dulu dibanding calon dari Partai karena mereka butuh dukungan riil.

"Kami pasti memberikan pengumuman resmi terlebih dahulu untuk bakal calon dari independen. Tahapan sudah Pemilukada sudah dibuat dan pengumuman calon independen dilakukan Agustus," ungkap Bagyo Prasasti Prasetyo, Ketua KPU Kota Batu kepada Malang Post, kemarin.

Baca Juga

Menurutnya, jumlah dukungan sebagai persyaratan calon independen mendaftar ke KPU juga sudah ditentukan oleh Undang-Undang. Sesuai aturan itu, daerah dengan jumlah penduduk sampai dengan 250 ribu, dukungan adalah 6,5 persen. Daerah dengan jumlah penduduk 250-500 ribu jumlah dukungan sebanyak 5 persen, dan daerah dengan jumlah penduduk antara 500 ribu hingga 1 juta adalah 4 persen. Sedangkan daerah dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta dukungan sebanyak 3 persen.

"Jumlah penduduk Kota Batu kurang dari 250 ribu jiwa sehingga dukungan untuk mencalonkan diri sebagai calon indenpenden adalah 6,5 persen. Kami perkirakan jumlah dukungan sesuai aturan itu sekitar 13 ribu," ungkap mantan wartawan ini.

Bagyo menjelaskan, jumlah penduduk yang bakal menjadi patokan akan ditentukan oleh Pemkot Batu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Jumlah penduduk tersebut juga data terbaru sehingga bukan lagi sebuah perkiraan.

"Kalau bicara sekarang, jumlah penduduk Kota Batu berkisar 200 ribu. Namun pada saat pengumuman, jumlah penduduk harus sesuai data terakhir sehingga kami harus meminta data itu kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil beberapa saat sebelum pengumuman," tegas bapak dua anak ini.

Sesuai dengan aturan, jumlah dukungan itu harus tersebar minimal 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada di daerah. Jika Kota Batu memiliki tiga kecamatan, jumlah dukungan tersebar pada dua kecamatan sudah sah. Itu karena dukungan dari dua kecamatan sudah melebihi 50 persen jumlah kecamatan yang ada.
Menurutnya, hampir semua daerah juga sudah ada calon independen ketika pe
laksanaan Pilkada. Hanya saja sejauh ini belum ada calon independen terpilih menjadi Kepala Daerah.

"Sebenarnya peluang calon independen dan partai sama untuk menjadi kepala daerah karena semua tergantung pemilihnya," tegas dia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs