Jelang Arema VS Deltras

Arema Berpeluang Petik Poin dari Deltras

Minggu, 29 Mei 2011 - 11:34 WIB • Dibaca 86 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Pertandingan Arema melawan Deltras Sidoarjo di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (29/5) malam, sempat dibayangi ancaman mogok tanding oleh tim tamu. Namun mogok tanding sepertinya tidak akan terjadi dan pertandingan tetap akan berlangsung.

Pemain The Lobster yang kabarnya belum menerima gaji selama sembilan bulan, sepertinya memilih bertanding menghadapi tuan rumah Arema demi sebuah hubungan baik dan proses balas budi. Kesebelasan milik Pemkab Sidoarjo ini bahkan sudah hadir di Malang sejak, Jumat (27/5).

Baca Juga

Pemain Deltras memutuskan tetap bertanding meski kantong tetap kosong untuk membalas budi kepada Arema, khususnya Aremania, suporter Singo Edan. Pada pertandingan putaran pertama, 27 Oktober 2010 lalu, Aremania membanjiri Stadion Gelora Delta, Sidoarjo dan membuat panitia menangguk untung besar dari pemasukan tiket.

Dan sekarang, saatnya Deltras tetap datang ke stadion dan bertanding untuk memberi masukan finansial pada Arema.- yang juga krisis keuangan dengan tunggakan utang gaji pemain selama tiga bulan,- melalui penjualan tiket.

Jika kubu Deltras akan tampil dengan persiapan minim sebagai imbas dari gaji yang belum diterima pemain, Arema, meski mengalami kondisi yang sama, tetap mempersiapkan diri dengan optimal. Pelatih Arema Miroslav Janu tetap menggenjot fisik dan teknik pemainnya dalam sepekan terakhir.

Bahkan juara Liga Super Indonesia musim lalu itu terlihat acuh dengan kabar ancaman mogok Deltras. Seluruh anggota tim terus mengasah teknik dan strategi demi meraih tiga poin untuk mewujudkan target berada di peringkat dua besar di akhir kompetisi.

"Kami hanya berpikir yang penting persiapan Arema sudah maksimal," kata asisten pelatih Joko Susilo saat acara konfrensi pres tim, Sabtu (28/5).

Dalam acara itu, Joko menolak berkomentar soal diuntungkan dengan kondisi Deltras. Bagi mantan striker Arema di era Galatama ini, pemain Deltras yang belum menerima gaji selama sembilan bulan tetaplah tim yang berbahaya jika sudah berada di lapangan hijau.

Joko merujuk pada semangat pemain Deltras saat laga melawan Persiwa, 6 Mei lalu. Saat itu, pemain Deltras yang juga sempat mogok latihan dan mengancam mogok tanding, tampil penuh semangat untuk menang, 2-1 atas Persiwa.

"Arema tidak terpengaruh dengan kondisi Deltras. Deltras itu tim bagus," tambah Joko.

Kendati tampil dengan persiapan yang lebih baik, Arema dipastikan bermain tanpa kekuatan terbaiknya. Beberapa pemain inti, seperti striker Noh Alam Shah, gelandang M Ridhuan serta beberapa pemain lokal sangat mungkin hanya duduk di bangku cadangan. Pasalnya, pemain-pemain ini absen latihan dalam beberapa hari terakhir sehingga kondisi fisiknya belum 100 persen siap.

Di kubu Deltras, pepatah sudah jatuh tertimpa tangga menjadi istilah yang pas untuk menggambarkan kondisi Danilo Fernando dkk. Selain didera masalah finansial, lini belakang Deltras pun dipastikan keropos setelah dua pemain belakang Bejo Sugiantoro dan Dodok Anang harus absen karena akumulasi kartu. Tapi kondisi ini tidak lantas membuat Deltras pasrah di pertandingan nanti.

Dedi Siswanto, pelatih kiper Deltras mengatakan, pemain tetap memiliki harga diri dan gengsi untuk tidak mau kalah dalam sebuah pertandingan, meski hal tersebut juga akan sulit terwujud mengingat kondisi yang ada saat ini. "Pertimbangan anak-anak memang soal sanksi kalau membatalkan pertandingan ini. Dan mudah-mudahan anak-anak fokus memikirkan pertandingan, dan tidak berpikir soal gaji," kata Dedi.

Pelatih Deltras Nus Yadera menyatakan, sebagian besar pemain bersedia tampil, termasuk kapten tim Danilo Fernando yang sebelumnya diperkarakan Ketua Umum Deltras, Saiful Ilah ke kepolisian dengan tuduhan pencemaran nama baik. Hanya saja, dua pemain asing non-Brasil, yakni bek Steven Lewis Hesketh (Australia) dan striker Park Chan Young (Korea), menolak tampil. Nus mengaku bisa memahami keengganan mereka menolak bertanding, karena masalah gaji yang belum beres.

Seorang pemain Deltras yang menolak disebut namanya menginformasikan, pemain mencabut ancaman mogok setelah ada kabar bahwa Deltras bakal dibeli oleh seorang pengusaha nasional. Menurut pemain tersebut, setelah mendengar janji 'baru' itu, semangat para pemain sedikit terangkat.

“Saya sendiri belum tahu siapa orangnya, tapi yang jelas orangnya banyak terlibat di urusan sepakbola. Semoga janji dan kabar pembelian Deltras itu bisa jadi harapan baru dalam menuntut hak kami," akunya.

Komunikasi antara pemain dan manajemen yang sempat deadlock, dikabarkan sudah sedikit mencair. Seorang pemain menyebut, Dandim Sidoarjo, Letnan Kolonel Miftahudin menjadi sosok penting sehingga pemain mau kembali bermain.

Kondisi internal Deltras memang tengah kacau luar dalam. Selain psikologi pemain yang tak tenang akibat sembilan bulan gaji belum dibayar, kondisi fisik mereka juga pas-pasan. “Saya tentu tidak bisa memaksa mereka berlatih, karena memang hak mereka belum diberikan oleh manajemen. Saya sebagai pelatih kan juga harus paham psikologis pemain," ujar Nus.

Jangankan latihan rutin, Deltras bahkan juga tak sempat mengadakan sesi coba lapangan di Stadion Kanjuruhan. Nus mengatakan, hingga kemarin sore, dirinya belum bisa mengadakan sesi coba lapangan karena belum kompletnya pemain yang datang.

“Saya hanya mengandalkan kesadaran pemain untuk menjaga kondisi mereka masing-masing di rumah. Semoga adanya harapan baru dalam tim bisa mengangkat moral para pemain," ungkapnya.

Tak salah, dengan semua kondisi Deltras itu, tim Singo Edan dinilai bakal rugi besar, andai tak bisa memetik kemenangan dengan banyak gol.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : surya
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
harga tiket masuk gelora delta sidoarjo berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs