Bus Transportasi Malang Raya

Transmaya Butuh MoU Baru

Senin, 16 Mei 2011 - 10:19 WIB • Dibaca 345 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Dinas Perhubungan Kota Malang mengharapkan adanya Memorandum of Understanding (MoU) tiga kepala daerah baru dalam realisasi bus Transmaya (Transportasi Malang Raya). Sebab, MOU lama yang pernah ditandatangani oleh tiga kepala daerah yakni Wali Kota Malang, Bupati Malang, dan Wali Kota Batu dinilai sudah tidak sesuai dengan kondisi sekarang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, HM Yusuf, mengatakan, dalam MoU terbaru tersebut selain akan memfinalkan program Tansmaya yang menghubungkan tiga wilayah tersebut, juga soal pendanaan. Diharapkan tiga daerah akan saling bersinergi mengoperasionalkan angkutan transmaya.

Baca Juga

“Dengan demikian masing-masing daerah mempunyai tanggung jawab dalam menjamin operasional angkutan Transmaya," kata Yusuf, kemarin.

Terkait rute Transmaya tersebut, dikatakan Yusuf, sebagai awal akan dilayani oleh 20 unit armada bus. Masing-masing unit bus berkapasitas sekitar 30 tempat duduk. Hanya saja, hingga sekarang ini Dishub belum dapat menjelaskan prototipe bus Transmaya tersebut.

“Karena prototype itu masih memerlukan pengkajian lebih mendalam," ucap Yusuf.

Memang, diakui Yusuf, dalam merealisasi program Transmaya, tiga daerah tidak dapat berjalan sendiri. Ini dikarenakan program Transmaya masih harus mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan dan Pemprov Jawa Timur. Terlebih lagi trayek Tansmaya nantinya akan dihubungkan dengan pintu jalan tol Pasuruan-Malang untuk mempermudah penumpang.

“Dan rencananya dalam pekan ini kami akan berkonsultasi dengan Kemenhub dan Pemprov soal Transmaya untuk bisa segera dilakukan survei," tukas Yusuf.

Jika dalam konsultasi tersebut ada persetujuan realisasi Transmaya, ungkap Yusuf, dalam PAK APBD tahun 2011 akan diusulkan dana anggaran pembangunan halte bus Transmaya di 5 titik lokasi. Yakni di Jl Ciliwung, Jl Raya Kali, Alun-alun Malang, Sukun, dan, Kebonsari.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : surya
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs